Pasang IKLAN BARIS GRATIS! DAFTAR | LOGIN


Representasi Pribadi dalam Ambience Nan Tenang WHITE SPACE

    White Space
    Public area dengan furnitur industrial
    rumahjogja indonesia
    Coffee bar bergaya simpel nan elegan
    Menu White space

    Sejak dahulu Jogja memang menjadi salah satu kota di Indonesia yang selalu punya daya tarik tersendiri. Wajar saja, kota gudeg ini selalu disinggahi banyak orang dari seluruh penjuru Nusantara untuk bersekolah maupun bekerja. Maka tidak mengherankan apabila Jogja selalu memunculkan sosok baru, unit usaha baru yang tidak jauh dari bidang kreatif dan digital. Coworking space adalah salah satunya. Setelah coffee shop alias warung kopi modern mulai tumbuh di seluruh pelosok Jogja, dalam beberapa terakhir Jogja mulai banyak bermunculan coworking space. Di era digital ini, bekerja kini tidak harus berada dalam ruangan kubikal yang membosankan. Berbagai aktivitas kerja kini dapat mobile atau di mana saja. Dalam dunia startup, coworking space merupakan istilah yang sangat umum digunakan ketika berbicara mengenai tempat bekerja bagi para pelaku bisnis tersebut. Secara harfiah, coworking space merupakan sebuah ruang bersama yang digunakan untuk melakukan pekerjaan. Jogja dengan potensi industri kreatifnya yang menjanjikan juga memiliki kecenderungan akan hal tersebut.

    Di Jogja sendiri, saat ini telah banyak berkembang kafe-kafe dengan konsep coworking space yang diperuntukkan kepada para mahasiswa, khususnya para freelancer yang tidak mempunyai kantor namun butuh menyelesaikan pekerjaannya dengan cepat. Dan mereka biasanya harus menggunakan laptop dan membutuhkan koneksi internet yang stabil. Hal tersebut juga didukung oleh atmosfer pendidikan yang memang kental di jogja. Lembaga perguruan tinggi yang paling banyak, membuat banyak pula mahasiswa yang memanfaatkan fasilitas ini. Coworking space yang ada di Jogja ini juga tidak hanya menawarkan internet cepat sebagai konten jualan utamanya, namun mereka juga menjanjikan tempat yang nyaman untuk bekerja lama-lama serta sajian makanan dan minuman sebagai teman dalam menyelesaikan pekerjaan. Salah satu coworking space di Jogja yang menghadirkan fasilitas lengkap serta tempat yang nyaman untuk bekerja yaitu White Space.

    Coffeeshop sekaligus coworking space yang mulai beroperasi sejak bulan April 2019 tersebut menawarkan sebuah tempat dimana pengunjung dapat bekerja atau mengerjakan tugas dengan tenang dan nyaman. Konsep bangunan serta pernak-pernik dekorasi interior juga didesain minimalis dan simpel agar tidak terkesan terlalu ramai, dipadukan dengan nuansa putih yang mendominasi seluruh area memberikan tampilan fresh dan bersih. Adalah RM. Adi Pradana, owner sekaligus architecture designer White Space yang berhasil mewujudkan coworking space hasil representasi pribadinya. “Secara garis besar untuk konsep bangunannya merupakan representasi dari diri pribadi saya. Memilih dekorasi minimalis seperti ini karena memang saya pribadi tidak begitu suka dengan desain yang terlalu ribet. Awal membangun White Space ini karena melihat di Jogja belum banyak yang menyediakan sebuah tempat bagi pekerja maupun pelajar untuk bekerja dan mengerjakan tugas mereka di luar rumah atau kampus. Karena saya sendiri juga lebih suka bekerja di tempat-tempat seperti ini, jadi punya pikiran untuk membuat sebuah coworking space dan jadilah White Space ini,” papar Adi, sapaan akrabnya.

    Dibangun di atas lahan seluas kurang lebih 500 m², desain bangunan minimalis dengan nuansa warna putih yang mendominasi sejalan dengan penamaan White Space. Nampak pada fasad bangunan 2 lantai tersebut, gaya arsitektur minimalis berpadu cantik dengan sentuhan natural tanaman hijau pada area parkir dan area balkon lantai atas. Memasuki bangunan utama, White Space dibagi menjadi beberapa area utama yang dapat dipilih, yaitu public area, private area, garden, serta lantai atas dengan balkon sebagai fasilitas smoking area. Pada sisi ruang tengah sebagai public area terdapat sebuah coffee bar tempat dimana para barista meracik berbagai jenis sajian kopi. Coffee shop bernama Gowo Coffee tersebut merupakan partner merchant yang menyediakan minuman terutama kopi dan beberapa makanan ringan sebagai pendamping saat pengunjung menghabiskan waktu di White Space. “Dulu awal membangun White Space sempat bingung juga, apakah kami hanya akan menyediakan coworking space saja tanpa kafe atau resto yang menyediakan makanan dan minuman? Karena biasanya orang kerja kan sangat akrab dengan kopi sebagai teman kerja. Kebetulan saat itu ada teman yang buka coffee shop bernama Gowo Coffee ini. Akhirnya saya tawari untuk buka di White Space dan menjadi partner sampai sekarang,” imbuh pria yang pernah mengenyam pendidikan magister di Inggris tersebut.

    Pada salah satu sudut ruang utama coworking space yang berlokasi di Jalan RW. Monginsidi No. 5A, Cokrodiningratan, Jetis, Yogyakarta tersebut, tepatnya pada sisi bawah area tangga terdapat sebuah sofa set bergaya minimalis yang memiliki view ke area depan. Aplikasi jendela kaca berukuran lebar membuat kesan ruangan menjadi lebih luas dan memaksimalkan pencahayaan alami dari luar. Sebuah rak kayu bergaya industrial dengan frame berupa pipa besi berwarna hitam menjadi pemanis dekorasi sudut tersebut. Masih berada di lantai bawah, terdapat sebuah private area yang didesain lebih tertutup dan lebih tenang. Ruangan tersebut sangat nyaman bagi pengunjung yang membutuhkan ruangan yang cukup sepi untuk bekerja atau menyelesaikan tugas kuliahnya tanpa merasa kesepian, karena pada private area ini terpisah dari lalu lalang pengunjung yang datang dan pergi.

    Beralih menuju area garden yang terletak lebih di belakang, gaya arsitektur minimalis berpadu sempurna dengan sejuknya nuansa alami dari taman belakang sebagai tempat untuk bersantai. Beberapa table set bergaya simpel nampak tertata pada sisi area taman sebagai tempat duduk bagi pengunjung White Space. Sebuah atap yang terbentuk dari tanaman rambat semakin memperkuat sisi natural pada area taman. Ambience tempat dengan suasana sepi dan santai semakin diperkuat dengan alunan lagu-lagu slow bit yang melantun di segala sudut area White Space.

    Menuju lantai atas dari coworking space yang buka pada hari Senin-Minggu mulai pukul 09.00-23.00 WIB tersebut, masih nampak nuansa putih dan dekorasi minimalis senada dengan area lantai bawah. Pada sisi lantai atas ini juga terdapat sebuah private area dengan meja dan kursi bergaya industrial yang tertata di segala sudut ruangan. Pada ruangan ini juga terdapat sebuah desain arsitektur yang cukup menarik. Pada sisi jendela difungsikan sebagai tempat duduk bagi pengunjung dan menjadi salah satu spot favorit. Dengan tambahan aksen-aksen penghias ruangan kekinian menjadikan area tersebut mempunyai tampilan yang menarik dan instagramable. Pada sisi lain di lantai atas ini juga terdapat sebuah area balkon yang disediakan sebagai smoking area. Dengan view langsung ke sisi depan White Space, area tersebut nampak begitu nyaman untuk bersantai sembari mengobrol.

    Gowo Coffee sebagai penyedia hidangan di White Space memiliki beberapa menu sajian kopi andalan, seperti Peridot yang merupakan campuran kopi espreso dengan matcha dan fresh milk yang begitu segar. Kemudian ada juga Palma, yaitu menu dengan basic kopi dengan campuran fresh milk dan palm sugar yang memiliki citarasa unik. Lalu ada juga Cappucinno dengan latte art yang cantik dan beberapa makanan ringan seperti Dark Choco Brownies hingga Lemoncurd Taart. Hingga saat ini sudah ada 3 perusahaan yang berkantor di White Space, dimana ketiganya merupakan perusahaan startup. Hal tersebut menunjukkan bahwa di era digital ini, Jogja sendiri masih menjadi daya tarik untuk membangun bisnis kreatif. “Saya rasa untuk konsep coworking space seperti ini masih sangat terbuka peluangnya di Jogja ya. Terbukti dari 3 perusahaan yang berkantor di sini, dua diantaranya adalah perusahaan dari Jakarta. Kami juga memiliki promo diskon 50% all item setiap hari Rabu bagi pengunjung yang membawa tumbler sendiri. Di sini juga tidak menyediakan sedotan plastik, melainkan sedotan stainless untuk mengurangi limbah plastik,” pungkas Adi mengakhiri perbincangan. Farhan-red
    WHITE SPACE

    Jalan RW. Monginsidi No. 5A,
    Cokrodiningratan, Jetis, Yogyakarta.
    IG : white.space.id
    Line : @TJN3728K

    PARTNER
    Archira - Architecture & Interior    A + A Studio    Sesami Architects    Laboratorium Lingkungan Kota & Pemukiman Fakultas Arsitektur dan Desain UKDW    Team Arsitektur & Desain UKDW    Puri Desain