Pasang IKLAN BARIS GRATIS! DAFTAR | LOGIN


Renovasi Rumah dengan Tema Bricklay

    Renovasi Rumah dengan Tema Bricklay
    Ruang tamu dengan gaya arsitektur industrial
    Perwujudan konsep yang terlihat dari penggunaan elemen bata ekspos
    Bukaan lebar dibuat supaya banyak pencahayaan alami untuk masuk ke dalam rumah
    Ruang direktur

    Kondisi tapak rumah ini berada di perumahan yang dikelilingi oleh pohon jati. Dengan desain bangunan yang monoton dalam sebuah perumahan, maka renovasi ini dilakukan untuk memberikan warna yang berbeda dan unik bagi pemilik rumah.

    Dalam kasus ini, klien menginginkan renovasi rumah khususnya pada ruang kerja dan ruang tamu dengan gaya arsitektur industrial yang memadukan gaya eropa minimalis. Ruang berkumpul tambahan berupa area kolam renang dilengkapi dengan vertical garden untuk menyejukkan suasana. Sesuai dengan keinginan klien yang ingin menjadikan rumah ini menjadi tempat yang welcome dan homey namun tetap memunculkan kesan minimalis.

    Konsep yang diangkat adalah industrial minimalis dengan perwujudan konsep yang terlihat dari penggunaan elemen bata ekspos serta dari penggantian bentuk pintu dan jendela. Pintu dan jendela dibuat transparan untuk mendukung konsep minimalis yang dibuat. Bukaan lebar dalam bangunan ini membiarkan banyak pencahayaan alami untuk masuk ke dalam rumah. Konsep juga didukung dengan penataan lanskap dan furnitur yang minimalis dan sesuai tema.

    Hal yang ditonjolkan dalam desain renovasi rumah ini adalah penggabungan unsur arsitektur eropa dengan industrial minimalis yang terlihat dalam desain fasad rumah. Material yang digunakan dalam fasad juga semakin membuat rumah ini menjadi semakin terlihat dan menonjol dibandingkan rumah-rumah yang ada di sekelilingnya.

    Ruang dan fasilitas dalam desain rumah meliputi ruang kerja, ruang direktur, mushola, kamar, ruang tamu, kamar mandi serta carport. Renovasi rumah dilakukan terkhusus pada ruang tamu dan ruang direktur juga membuat ruang tambahan berupa kolam renang yang difungsikan sebagai ruang berkumpul dan bersantai anak.

    Selain muka bangunan, bagian carport juga didesain secara khusus untuk menyesuaikan tema yang diangkat. Sebagian besar bentuk bangunan rumah masih mempertahankan bentuk bangunan eksisting yang ada, namun terdapat perubahan pada muka bangunan dari bangunan eksisting. Perubahan muka bangunan meliputi peninggian dinding dan perubahan material muka bangunan menjadi bata ekspos. Elemen lengkung juga digunakan dalam muka bangunan sebagai upaya untuk menyesuaikan tema.

    Material yang dipakai dalam renovasi rumah ini antara lain batu bata ekspos, beton, batu travertin, besi hollow pada rangka pintu dan jendela, serta material transparan untuk bagian kanopi carport dan kolam renang. Bata ekspos dan besi hollow digunakan pada sebagian besar desain untuk mencerminkan konsep industrial minimalis.

    Hal menarik dalam proses desain ini terletak pada proses pengolahan komposisi bentuk yang menggabungkan gaya arsitektur industrial minimalis dan eropa untuk menjadi suatu bentuk baru. Kemudian mempelajari kondisi rumah eksisting menjadi menarik karena banyak aspek yang harus diperhatikan saat membuat desain baru untuk proses renovasi.

    Tantangan yang dialami dalam proses desain ini yaitu pada pengolahan bentuk massa, zoning ruang serta pemilihan furniture yang sesuai dengan tema desian. Dalam proses ini, kami mencoba untuk mengembangkan bentuk melalui tahap analisis dalam mengolah bukaan kaca, perletakan furniture, serta material yang digunakan, sehingga semaksimal mungkin desain rumah yang baru ini dapat menjadi hal baru yang menarik bagi lingkungan di sekitarnya. Team A+A Studio - Prinsipal Arsitek : Ardhyasa Fabrian Gusma ST, Msc - Arsitek Incharge : Raden Ajeng Pieta

    A+A Studio, Yogyakarta, Indonesia
    Architects, Interior & Urban Design

    Phone : 0856 4002 5773
    Email: aa.studio.indonesia@gmail.com

    Project Name : House Renovation with Bricklay Theme |
    Location : Griya Grahatama Permai, Jl. Bibis Raya Gg Pandhu Desa Ngentak RT 03 Yogyakarta |
    Site Area : (sqm or hectares) 170.93 sqm |Gross Floor Area (sqm) 90 sqm

    PARTNER
    Archira - Architecture & Interior    A + A Studio    Sesami Architects    Laboratorium Lingkungan Kota & Pemukiman Fakultas Arsitektur dan Desain UKDW    Team Arsitektur & Desain UKDW    Puri Desain