Pasang IKLAN BARIS GRATIS! DAFTAR | LOGIN


Penegasan Karakter & Aksen Bangunan Oleh Roster Studio

    Roster Studio
    Roster Beton model Bubble
    Roster Terakota Model 3 Dimensi L4
    RosterPutih Bavel Model Tahu L9
    Proses pengeringan roster dengan metode alami

    Desain rumah minimalis menjadi begitu populer beberapa tahun terakhir. Rumah-rumah baru dengan desain industrial minimalis semakin banyak bermunculan. Tak sedikit pula, pemilik rumah yang kemudian merombak huniannya mengikuti tren desain tersebut. Seiring perkembangannya, desain minimalis sering dipadukan bersama desain lain yang disesuaikan dengan selera dan permintaan pemilik rumah. Dinding tanpa finishing cat menjadi salah satu karakter gaya industrial minimalis yang kerap ditampilkan hunian masa kini. Konstruksi bangunan yang seolah-olah setengah jadi, justru membuat hunian berkesan tegas dan maskulin. Penggunaan material berupa roster dapat menjadi ornamen artistik untuk fasad rumah.

    Sejatinya roster berfungsi sebagai jalan masuk udara ke dalam area bangunan. Lazimnya, roster dipasang di atas pintu maupun di atas jendela rumah. Tetapi dalam perkembangannya, roster dipakai pula sebagai material konstruksi pembentuk tembok. Roster Studio Jogjakarta hadir sebagai salah satu produsen penyedia roster dengan kualitas terbaik dan variasi motif serta warna yang beragam.

    Workshop yang berlokasi di Jalan Sidomoyo No. 99, Godean, Sleman, Yogyakarta tersebut menyediakan produk roster dengan kualitas serta finishing yang sejalan dengan tren perkembangan desain arsitektur bangunan saat ini. “Kami melihat sebenarnya di daerah sini sudah banyak produsen-produsen roster dan menjadi sentra produksi sejak lama. Namun untuk kebutuhan roster sekarang ini yang banyak digunakan sebagai tampilan fasad rumah, kualitas serta ragam bentuk dan warnanya masih kurang. Sebagian besar materialnya menggunakan beton dan dari segi finishingnya juga kurang halus. Dari situ Roster Studio Jogjakarta melihat celah pasar yang cukup potensial untuk digali. Dengan pengembangan produk yang kami lakukan, tentu saja akan menambah nilai produk yang kami hasilkan bagi konsumen,” ujar Ricky Pratama Putra selaku owner Roster Studio Jogjakarta.

    Memasuki area pabrik yang telah beroperasi selama 4 bulan tersebut, kita dapat melihat produksi roster yang dikerjakan dengan cetakan besi sederhana yang diterapkan hanya untuk proses press, jadi untuk proses pembuatannya sendiri benar-benar mengandalkan keahlian dari pembuatnya. Secara umum tahapan pertama yang dilakukan dalam pembuatan roster adalah proses mixing bahan baku serta jenis warna roster sesuai pesanan dari pelanggan. Untuk bahan baku sendiri tidak jauh berbeda dengan produk roster lain, yaitu pasir dan semen. Hal yang membedakan hanya pada proses pengayakan serta perbandingan campuran bahan baku, dimana hal tersebut juga yang menentukan kualitas dari produk yang dihasilkan. Untuk produk roster terakota, warna merah yang dihasilkan berasal dari pecahan genteng Sokka Kebumen. Pemilihan material genteng Sokka tersebut karena material clay dari daerah Kebumen mengandung silica yang memiliki daya rekat yang kuat.

    Kemudian untuk produk roster berwarna putih, bahan baku tidak menggunakan pasir sebagai campuran semen melainkan mil atau magnesium oxide sehingga warna putih yang dihasilkan lebih menarik dan permukaan roster yang dihasilkan lebih halus. “Untuk bahan baku pewarnaan roster terakota memang sengaja kami datangkan langsung dari daerah Kebumen yang telah terkenal sebagai sentra penghasil genteng kualitas terbaik. Selain itu material tanah liatnya juga mengandung silica sehingga menjadikan roster lebih kuat. Dulu pernah mencoba menggunakan bahan baku dari daerah lain, namun kualitas produk yang dihasilkan jadi kurang maksimal,” imbuh pria kelahiran Melbourne tersebut.

    Dengan ukuran roster standar 20 cm x 20 cm, tersedia beberapa pilihan ketebalan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan bangunan mulai dari 7 cm hingga 10 cm. Kapasitas produksi Roster Studio Jogjakarta sendiri dapat menghasilkan 500 hingga 550 buah roster setiap harinya. Hal tersebut didukung juga oleh 4 tenaga ahli di bidang pembuatan roster. Untuk harga yang ditawarkan terbilang cukup terjangkau, sebanding dengan kualitas produk yang dihasilkan. Roster beton ditawarkan mulai dari harga 5000 per buah. Kemudian untuk roster putih seharga 7500 per buah dan roster terakota seharga 8000 per buah. Harga tersebut sudah termasuk ongkos kirim untuk area Jogja dan tanpa minimal order. Hingga saat ini konsumen Roster Studio Jogjakarta tidak hanya berasal dari berbagai daerah di Indonesia, bahkan hingga Malaysia. Farhan-red

    ROSTER STUDIO
    Jl. Sidomoyo No.99, Godean,
    Sleman, Yogyakarta

    Telp.: 0878 0842 8194
    WhatsApp : 0812 4596 1144
    Instagram: rosterstudiojogjakarta

    PARTNER
    Archira - Architecture & Interior    A + A Studio    Sesami Architects    Laboratorium Lingkungan Kota & Pemukiman Fakultas Arsitektur dan Desain UKDW    Team Arsitektur & Desain UKDW    Puri Desain