Pasang IKLAN BARIS GRATIS! DAFTAR | LOGIN


Ngopi Asik Dengan Citarasa Istimewa, Romantisme Jepang Ala MAISON DARUMA

    Ngopi Asik Dengan Citarasa Istimewa, Romantisme Jepang Ala MAISON DARUMA
    Fasad depan kafe dengan konsep Benteng ala Jepang
    Dominasi kayu di area Coffe Bar
    Furnitur bergaya industrial
    Aneka Menu Maison Daruma

    Dalam perkembangannya, sebuah tempat makan saat ini dinilai tidak hanya harus menyajikan makanan yang lezat namun juga desain tempat baik eksterior dan interior yang terbilang unik dan cantik. Persaingan yang ketat antara tempat makan terlihat sekali tidak hanya melalui promo-promo yang dilakukan namun juga menghias ruangan mereka sehingga dapat menarik animo pengunjung.

    Saat ini kafe sangat mudah ditemukan di setiap kota. Masing-masing dari mereka menawarkan citarasa khas dengan cara yang berbeda untuk mengolah bahan hingga cara penyajiannya. Bagi kaum milenial saat ini, berkumpul bersama kerabat dan keluarga kerap disandingkan dengan kopi. Untuk kota Yogyakarta yang dikenal sebagai kota pelajar tentunya ini menjadi salah satu persaingan yang cukup menarik antar tempat makan. Pasalnya anak muda zaman sekarang tidak hanya sekedar mencari tempat makan yang enak, namun juga tempat yang bisa digunakan untuk update foto terbarunya di media sosial. Sehingga beberapa tempat makan sendiri sudah mulai menerapkan berbagai desain unik di eksterior dan interiornya. Dengan ramainya spot ngopi yang menarik, Jogja seakan tidak pernah kehabisan tempat untuk bercengkrama.

    Maison Daruma hadir menjadi salah satu tempat makan dengan konsep yang cukup menarik dan menghadirkan ambiance nan nyaman. Mulai beroperasi sejak pertengahan tahun 2018, Maison Daruma berusaha menghadirkan bukan hanya sebuah space untuk menikmati makanan, namun dapat dijadikan sebagai tempat berkumpul bersama orang tersayang yang nyaman. Diceritakan Bunga Desyanti selaku Outlet Supervisor Maison Daruma, bahwa pada pertama berdirinya diawali dari sebuah bisnis roastery dan testing bar biji kopi yang dirintis sejak tahun 2017. “Jadi memang dulu awalnya bisnis penjualan dan roastery biji kopi dengan nama Blue Menoreh. Kemudian mulai pertengahan tahun 2018 berkembang menjadi sebuah kafe dan resto dengan nama Maison Daruma. Namun untuk roastery biji kopi juga masih berjalan hingga saat ini dengan brand yang senada dengan kafe, yaitu Maison Daruma,” ujarnya.

    Mengenai penamaannya, Maison Daruma sendiri merupakan penggabungan 2 kata dari bahasa Perancis dan Jepang. Maison dalam bahasa Perancis memiliki arti rumah, sedangkan Daruma sendiri berasal dari sebuah mitologi masyarakat Jepang yaitu sebuah boneka berwajah iblis yang melambangkan keberuntungan. Penggabungan 2 kata Maison Daruma tersebut menjadi harapan agar resto ini menjadi rumah yang akan membawa keberuntungan bagi siapapun. “Dalam bentuk aslinya, boneka Daruma akan selalu kembali berdiri apabila dijatuhkan. Hal tersebut juga sekaligus menjadi harapan kami terhadap resto ini. Semoga akan terus bertahan dalam segala kondisi dan tetap menjadi pilihan masyarakat,” tambah Bunga.

    Dari segi desain arsitektur kafe yang beralamat di Jalan Ipda Tut Harsono No.48, Muja Muju, Kecamatan Umbulharjo, Yogyakarta tersebut dikonsep ala Japanese style dengan bentuk layaknya sebuah benteng kerajaan. Bagian fasad depan didominasi oleh bangunan batu bata ekspos, berpadu dengan nuansa alami yang dihadirkan dari pohon perindang dan tanaman hias yang tumbuh subur di area outdoor kafe. Bagian luar terdiri dari teras dengan taman kecil dimana pengunjung bisa menikmati kopi menggunakan bean bag dan meja pendek yang tersedia. Terdapat kaca berbentuk setengah lingkaran seperti gaya Zen pada bangunan-bangunan Jepang. Pada arsitektur Jepang, jendela berbentuk lingkaran seperti itu memiliki arti hati yang lugu dan tidak memiliki prasangka. “Konsep bangunan Maison Daruma memang sepenuhnya dari owner yang sangat menyukai hal-hal yang berbau kebudayaan negara Jepang. Kecintaannya terhadap budaya Jepang tersebut yang kemudian dituangkan dalam Maison Daruma ini,” papar Bunga.

    Masuk ke dalam bagian dalam kafe yang beroperasi mulai 10.00 - 24.00 WIB setiap harinya tersebut, tamu akan disambut para brewer dibalik meja brewing dengan sederet alatnya. Dominasi wood panel menekankan konsep Jepang pada bangunan dari kafe. Indoor area terlihat lega meskipun tidak seberapa luas karena aplikasi penyekat ruangan yang terbuat dari kaca. Maison Daruma nampak elegan dan eksklusif terutama ketika cahaya matahari masuk langsung ke dalam ruangan dan membantu penerangan di siang hari. Pada bagian dalam bangunan utama kafe, terdapat beberapa tong kayu tempat menyimpan beberapa jenis green bean tepat di depan area kasir. Pada sudut ruangan, terdapat area makan dengan table set bergaya industrial berbentuk memanjang berpadu dengan lantai kayu yang semakin memperkuat konsep yang diusung. Hal unik dari Maison Daruma adalah bagian belakang yang merupakan laboratorium steril dengan mesin roasting besar terlihat dari dalam kafe. Pengunjung dapat menyaksikan proses produksi kopi dari roastery dari mulai green bean hingga menjadi kopi kemasan. Anda juga dapat membawa green bean sendiri untuk di-roasting dengan preferensi sesuai permintaan.

    Maison Daruma ini ternyata tak sekadar menawarkan kopi single origin maupun house blended yang siap dicicipi para pengunjungnya. Lebih dari itu, tempat ini juga menawarkan jasa coffee roastery alias jasa pemanggangan biji kopi. Salah satu tahapan yang dilakukan dalam proses perjalanan panjang kopi dari mulai ditanam hingga tersuguh apik dihadapan para penikmatnya. Memang ini bukan satu-satunya roaster kopi di Jogja yang juga memiiki coffee shop di lokasi yang sama, namun hal terunik yang mungkin hingga saat ini belum tersedia di tempat lain di Jogja adalah urutan proses yang disediakan bagi para konsumen yang ingin menggunakan jasa roasting kopi di sini. Itu karena green bean alias biji kopi yang akan dipanggang di sini, ditangani secara teliti, berhati-hati, dan melalui beberapa tahapan yang masing-masing menggunakan mesin-mesin berteknologi tinggi yang berasal dari Jepang.

    Selain menawarkan berbagai pilihan kopi, Maison Daruma juga menyediakan menu makanan sebagai pengganjal perut. Menu yang ditawarkan didominasi oleh menu western. Untuk menu western yang ditawarkan misalnya Twin Burger, Puttanesca, dan Croque Monsieour. Kemudian terdapat menu Asian food yang cukup menjadi favorit pengunjung yaitu Daruma Fried Rice. Untuk menu dessert yang dapat menjadi makanan pendamping kopi, terdapat Red Velvet Cake. Lebih spesial karena produk cake and bakery di Maison Daruma merupakan hasil produksi sendiri, sehingga kualitas bahan serta freshness dari produknya lebih terjamin. Lalu untuk menu minuman selain kopi, terdapat menu Butterfly Pea dengan citarasa menyegarkan untuk melepas dahaga.

    Maison Daruma juga menawarkan menu paket yang belum tentu dapat ditemui di kafe lain di Jogja. Terinspirasi dari cara penyajian minuman jenis beer, kafe ini menawarkan menu Coffee Tower, yaitu penyajian minuman kopi dengan menggunakan tower yang dapat dinikmati bersama 2 hingga 5 orang. Paket Coffee Tower tersebut sudah termasuk Avocado Mousse Cake, Nachos Melinjo, dan French Fries sebagai makanan pendamping minum kopi. “Di Maison Daruma ini berusaha menghadirkan sesuatu yang beda dibanding kafe-kafe lain, salah satunya yaitu menu Coffee Tower ini. Menu ini merupakan menu sharing yang dapat dinikmati hingga 5 orang, sehingga cocok bagi pengunjung yang datang bersama teman-teman. Untuk harga menu yang ada di Maison Daruma juga masih cukup terjangkau, yaitu mulai dari harga 20 ribuan untuk minuman dan 15 ribuan untuk makanan. Cukup ramah bagi kantong pelajar dan mahasiswa yang merupakan segmen pelanggan utama di Maison Daruma,” pungkas Bunga. Farhan-red

    MAISON DARUMA
    Jl. Ipda Tut Harsono No.48
    Muja Muju, Umbulharjo, Yogyakarta

    WA : 081 215 777 726
    IG : @maisondaruma
    FB : Maison Daruma

    PARTNER
    Archira - Architecture & Interior    A + A Studio    Sesami Architects    Laboratorium Lingkungan Kota & Pemukiman Fakultas Arsitektur dan Desain UKDW    Team Arsitektur & Desain UKDW    Puri Desain