Pasang IKLAN BARIS GRATIS! DAFTAR | LOGIN


Koneksi Properti Jogja & Solo Raya-bagian 2

    Perspektif tipe 50  (hook), Safira Mangesti Solo
    Show unit rumah tipe 145, Astha Gading Living Solo
    Perspektif rumah tipe 105 (Anastasia) Permata Park View
    Perspektif rumah tipe 53, Cluster Alam Asri Solo

    Safira Mangesti menjadi salah satu kawasan hunian terbaru yang hadir di tepian poros Jalan Mangesti Raya area Gentan Kabupaten Sukoharjo. Pertumbuhan dan pergerakan wilayah Gentan, sangat luar biasa dan berkembang sangat signifikan. Berbagai fasilitas publik sudah secara masif hadir di berbagai sudut kawasan poros jalan Songgolangit yang menjadi jalur alternatif Jogja – Solo, yang merupakan daerah penyangga poros wilayah Gentan, Mayang dan Baki sekaligus penghubung kota Surakarta dan kawasan kota satelit Solo Baru Kabupaten Sukoharjo.

    Menjelang akhir tahun 2019 ini, PT. Griya Bambu Kuning selaku developer yang berpengalaman menghadirkan kawasan hunian di area Gentan Sukoharjo ini. “Kami Safira Grup cukup berhasil dan berpengalaman mengoptimalkan peluang potensi bisnis properti di area Gentan, terkhusus seputaran poros Jalan Raya Mangesti Raya. Sebelumnya kami berhasil menghadirkan kawasan Safira Town House dan Safira Waru, yang mendapatkan respon sangat positif dari konsumen,” papar Tenang Catur Prakoso, selaku Marketing Staff.

    Lokasi Safira Mangesti ini tidak begitu jauh dengan Safira TownHouse dan Safira Waru, persis di tepi jalan Mangesti Raya. Kawasan Safira Mangesti yang berada di atas lahan 6500 m² ini baru saja dilakukan pre launching. Dengan mengusung konsep bangunan tetap mengacu pada desain hunian modern tropis minimalis. Safira Mangesti menyasar ke konsumen middle class yang mencari hunian sebagai rumah pertamanya. “Desain rumah minimalis sampai sekarang masih menjadi tren pasar segmen menegah. Desain rumah minimalis berpengaruh terhadap angka penjualan. Garis-garis tegas fasad rumah dengan dinding aksen batu alam menjadi daya tarik,” ungkap Nanang, panggilan akrabnya.

    Rencana akan di hadirkan 53 unit rumah berkonsep 1 lantai dengan 2 model tipe rumahnya, yakni varian tipe 45 dan tipe 50 (hook) dengan pilihan luasan tanahnya variabel dari ukuran 78 – 104 m². “Saat ini kami masih berikan penawaran Spesial Harga Perdana. Untuk tipe 45/78 di blok A (menghadap Timur) ditawarkan pada kisaran 525 jutaan, dan di blok B (menghadap Barat) dikisaran 540 jutaan. Untuk tipe 50/104 (hook) di tawarkan cukup beragam, mulai 675 – 715 jutaan, tergantung posisi kavling hook-nya. Harga tersebut sudah termasuk PPN, SHGB, IMB standar, sambungan listrik serta sumur bor + pompa air. Respon pasar properti Solo Raya cukup antusias dan terus menunjukkan grafik positif, terbukti kawasan Safira Mangesti sudah laku 6 unit rumah,” lanjut Nanang semangat.

    Bagi calon konsumen yang tertarik memiliki unit rumah di Safira Mangesti ini di berikan beberapa metode cara bayar. “Kami berikan berbagai opsi cara bayarnya, mulai metode KPR, cash bertahap maupun cash keras. Untuk KPR, DP bisa dilayani mulai 10 % dengan berbagai perbankan pilihan yang sudah bekerjasama di seluruh perumahan Safira Grup. Untuk cara cash bertahap, dengan DP 30 % konsumen selanjutnya diberikan kemudahan dengan bayar angsurannya bisa sampai 15 kali tanpa bunga,” terang Nanang saat ditemui di kantor pemasaran yang berada di Safira Waru.

    Sedangkan lokasi perumahan Safira Grup lainnya yang sangat dekat dengan Safira Mangesti, yakni Safira Waru tinggal menyisakan unit-unit terakhirnya. “Kawasan Safira Waru, sudah terbentuk kawasannya dan terlihat sangat hidup. Dengan total 124 unit yang akan dihadirkan di atas lahan 2,4 hektar ini, sekarang tinggal menyisakan 10 unit terakhirnya saja dengan pilihan tipe standar 60. Untuk tipe lainnya, yakni tipe 45 dan tipe 70-nya sudah sold out,” pungkas Nanang menutup perbincangan.

    Astha Gading Living menjadi kawasan pilihan perumahan yang berada di pusat kota Solo, tepatnya di jalan Ciliwung Joyosuran Kotamadya Surakarta atau berada 300 meter di sisi Selatan Plengkung Gading Kraton Surakarta Hadiningrat. Dekat dengan komplek wisata Semanggi Waterland, tak jauh dari rumah sakit Islam Kusatati, serta stasiun Solo Kota. Berada di poros premium di koridor jalan Brigjen Sudiarto yang merupakan salah satu jalan utama penghubung kotamadya Surakarta dan kawasan kota satelitnya, yakni kawasan Solo Baru kabupaten Sukoharjo. “Astha Gading Living berada di lokasi yang sangat strategis dan memiliki aksesibilitas yang baik untuk menjangkau berbagai sarana pendukung di sekitarnya dalam waktu yang singkat,” papar Esti Listyana, selaku Marketing Staff developer Astha Project.

    Perumahan yang berada di atas lahan seluas 6000 m² ini dikemas menghadirkan 32 unit hunian dengan nuansa private villa dalam langgam arsitektur modern tropis. Dengan dukungan fasilitas yang representatif, yakni kawasan dengan one gate system yang didukung automatic gate system with acces card, security 24 hours with CCTV, jalan lingkungan dengan lebar 6 – 8 meter, underground utilities, internet acces, private clubhouse yang di dalamnya akan dihadirkan fasilitas swimming pool, playground, gym, didukung oleh fasilitas instalasi smart home system dan tiap unitnya diberikan jaringan solar panel.

    Tipe yang ditawarkan Astha Gading Living ini mulai tipe 130/113, tipe 145/132, dan tipe 160/153 (hook). “Tipe-tipe tersebut kami yakini masih banyak diminati pasar kelas menengah atas. “Respon pasar terhadap kehadiran Astha Gading Living cukup positif. “Progress penjualan kami, sampai Oktober 2019 ini sudah laku 5 unit rumah, dan konsumen cukup imbang antara konsumen lokal Solo Raya maupun luar kota. Faktor lokasi strategis, bernilai investasi tinggi, dan history menjadi pertimbangan utama konsumen dalam mengambil unit rumah. Untuk harga, kami tawarkan mulai kisaran 1,9 miliaran,” lanjut Esti menjelaskan.

    Konsumen akan mendapati pembagian fungsi ruang, baik ruang publik dan ruang private yang cukup unik namun fungsional. Bangunan rumah yang di hadirkan, mempunyai tata layout yang modern dan fungsional yang di kemas sedemikian rupa layaknya sebuah resort. Dengan lebar depan rumah mulai 8 – 11 meter, serta memakai model atap limasan dengan bukaan lebar beraksen batu alam di dinding depannya akan membuat rumah berkonsep 2 lantai ini akan terlihat lebih mewah dan elegan.

    “Kami sudah siapkan Show Unit standar tipe 145/127. Di lantai 1, di tata sebagai ruang publik dan ruang service. Dihadirkan sebuah ruang tamu yang berada di selasar penghubung menuju ruang keluarga. Ruang ini menghadap taman depan bagian tengah. Ruang keluarga yang cukup luas dan lega juga terkoneksi dengan dapur dan kamar mandi, yang akan mendapatkan dua view taman, yakni taman depan dan taman belakang. Ruang service dan pembantu ditempatkan dalam layout yang terpisah. Untuk carport-nya dikemas mampu menampung 2 mobil. Sedangkan di lantai 2, di tata sebagai area yang lebih private. Terdapat 2 kamar tidur, sebuah kamar mandi, dan sebuah master bedroom dengan kamar mandi dalam yang mempunyai balkon dengan view ke taman depan maupun taman belakang,” papar Esti.

    Astha Gading Living memberikan beberapa kemudahan cara bayarnya. “Untuk cara bayar cash bertahap, ternyata cukup disukai dan akhirnya dipilih konsumen yang sudah membeli unit rumah kami. Kami berikan metode installment, pembayaran bisa diangsur selama 18 bulan, dengan DP 30 % dan DP-nya bisa dicicil sampai 6 X tanpa bunga,” terang Esti.

    Taman Asri Adisutjipto menjadi kawasan terbaru dan yang pertama dihadirkan oleh salah satu pengembang properti berpengalaman membuka hunian premium di Jogjakarta yakni PT. Roda Pembangunan Jaya. Developer yang di Jogjakarta telah dikenal dengan perumahan dengan brand “Taman Palagan Asri” mencoba melihat peluang investasi properti di wilayah Solo Raya. “Proyek ini menjadi yang proyek perdana kami di kota Solo. Kami melihat potensi pasar properti di segmen premium class memiliki potensi yang besar untuk terus digarap. Terlebih kawasan kami ini berada di area yang di plot sebagai kawasan perkembangan perkotaan dan penyangga Kotamadya Surakarta,” papar Sari, selaku Marketing Staff PT. Roda Pembangunan Jaya. Kawasan Taman Asri Adisucipto berdiri di atas lahan seluas 5757 m² Taman Asri Adisutjipto akan menawarkan 23 pilihan unit rumah tinggal yang berkonsep hunian eksklusif 2 lantai.

    Pre launching setelah momentum Lebaran 2019, developer optimis mampu diterima dan menjadi pilihan konsumen papan atas Solo Raya. Dengan lokasi strategis, yakni di Baturan Colomadu Sukoharjo dihubungkan Jalan Klodran Selatan dan Jalan Pakel, persis berada diantara Jalan Adisucipto dengan Jalan Adi Sumarmo. Taman Asri Adisucipto sangat dekat pusat kota Surakarta, serta tak jauh dari Bandara Internasional Adisumarmo, punya kedekatan akses menuju pintu Tol Ngemplak yang menghubungkan Solo – Kertosono/Solo – Semarang. Berada di antara 2 ruas Jalan utama yakni Jalan Adisucipto dan jalan Adi Sumarmo Solo.

    “Perumahan teranyar kami ini ditawarkan pada kisaran harga di atas 1,2 Miliaran”, tegasnya. Taman Asri Adisutjipto menghadirkan kawasan hunian 2 lantai yang eksklusif dan premium. Ditawarkan 5 tipe standarnya, yakni tipe 115/138 (Asoka), tipe 123/145 (Bougenville), tipe 133/157 (Cattleya), tipe 161/174 (Dewandaru), dan tipe terbesarnya 174/211 (Edelweiss). Harga yang kami tawarkan mulai kisaran 1,6 - 2,5 miliaran, dan harga tersebut sudah termasuk PPN dan IMB,” lanjut Sari.

    Komitmen pengembang untuk menghadirkan sebuah hunian premium pada Taman Asri Adisutjipto tidak hanya dalam segi bangunan rumah yang menggunakan material berkualitas saja tetapi juga kawasan yang digarap dengan detail, estetik untuk menegaskan konsep elit eksklusif. Fasilitas unggulan yang terdapat di kawasan Taman Asri Adisutjipto adalah one gate system, security 24 hours with CCTV, underground utilities, playground, garden & gazebo, serta dukungan jalan lingkungan dengan lebar 8 meter.

    Selain Taman Asri Adisucipto, developer juga menghadirkan lokasi alternatif lainnya. “Lokasi kedua kami di Solo Raya ialah Mawar Jambon Residence. Lokasinya berada di Klodran Colomadu ini berada di lahan seluas 2620 m² yang akan menghadirkan total 16 unit rumah model 2 lantai. Kawasan Mawar Jambon Residence dikonsep layaknya premium private cluster. Untuk tipe yang ditawarkan hanya terbatas 2 tipe standar, yakni tipe 105 dan tipe 122 (hook). Saat ini sedang dibangun rumah contoh tipe standar 122,” lanjut Sari.

    Kisaran harga yang di tawarkan di Mawar Jambon Residence berada dikisaran mulai 1,3 – 1,6 miliaran. “Cara pembayaran yang kami tawarkan bisa melalui KPR, cash keras, maupun cash bertahap. Untuk cash bertahap, dengan DP 30 %, untuk cash bertahap bisa diangsur selama 8 kali tanpa bunga atau sesuai masa pembangunan yakni 8 bulan. Dan untuk KPR, kami juga sudah bekerjasama dengan beberapa perbankan nasional maupun swasta,” terang Sari semangat.

    Cluster Alam Asri merupakan salah satu kawasan hunian hasil garapan developer berpengalaman di kota Solo yakni PT. Sumber Bumi Raya. Perumahan yang berada di lokasi yang sangat strategis, karena terletak persis di tepian Jalan Solo - Gawok yang terhubung pula dengan poros Jalan Mangesti Raya, lebih tepatnya berada di desa Mayang Kandang, Gatak Sukoharjo. Salah satu kawasan kompetitif dan prospektif properti area Solo Raya. “Prospek properti di daerah Gawok yang berdekatan dengan Gentan menunjukkan potensi yang makin bagus. Pasar properti di sini semakin besar dan beragam segmen dan banyak tumbuh perumahan baru yang berkompetisi meyakinkan konsumen untuk memiliki unit hunian di daerah penghubung sekaligus penyangga perkembangan kota Surakarta dan area Solo Baru. Kawasan ini juga kami jamin bebas dari banjir di saat musim penghujan,” papar Jacky, selaku Marketing PT. Sumber Bumi Raya.

    PT. Sumber Bumi Raya sendiri terbilang cukup berpengalaman di bisnis properti Solo Raya, terbukti sampai 2019 ini, sudah mampu menghadirkan 12 kawasan yang tersebar di berbagai wilayah Sukoharjo, Surakarta, maupun Karanganyar. Dengan mengusung tagline “smart investment, your grand asset for life” , semua kawasan hunian yang dihadirkan mampu memberikan permintaan kebutuhan rumah tinggal yang mempunyai nilai investasi yang terus tumbuh, sehingga akan menjadi aset berharga bagi semua penghuninya.

    “Cluster Alam Asri ini sudah kami tawarkan sejak Agustus 2019 lalu. Hadir dengan total 43 unit rumah tinggal berkonsep 1 lantai yang berada di atas lahan 1,5 hektar. Sampai akhir Oktober 2019, respon pasar terhadap kehadiran Cluster Alam Asri terbilang cukup positif, terbukti sudah laku 8 unit rumahnya. Kami hadirkan varian tipenya mulai tipe 45/80 dan tipe 53/100, dengan kisaran harga mulai 380 – 490 jutaan. Harga tersebut kami yakini mampu diserap konsumen, karena cukup terjangkau bagi konsumen middle class,” lanjut Jacky.

    Blok siteplan Cluster Alam Asri akan menghadirkan unit rumah yang menghadap Timur dan Barat. Kawasan dikonsep one gate system, security 24 jam, dan lebar jalan lingkungannya 7 meter. Jacky lebih lanjut menjelaskan, “Dengan konsep dan desain bangunan yang modern dengan langgam tropis minimalis. Unit rumah mempunyai lebar depan mulai 8 – 9 meter, cukup mengakomodasi kebutuhan ruang bagi konsumen yang sedang mencari rumah pertamanya. Cluster Alam Asri cocok bagi keluarga muda, karena harga masih relatif terjangkau namun mempunyai potensi kenaikan nilai investasi yang signifikan ke depannya karena berada di area yang sedang tumbuh sesuai peta perkembangan perkotaan Solo Raya sehingga makin mendongkrak nilai asetnya menjadi lebih komersil.”

    Walaupun rumah di Cluster Alam Asri tergolong sangat terjangkau, namun secara kualitas dijamin tidak murahan. Dari struktur bangunan menggunakan beton bertulang, dinding batu bata merah plester aci, lantai granit 60 x 60, kusen pintu dan jendela menggunakan alumunium powder coating, sedangkan untuk kebutuhan air bersih menggunakan sumur tancap dan PLN 1300 Watt. Fasad dinding eksterior dinding diberikan aksen material batu alam dikombinasikan dengan permainan aksen garis minimalis di dinding fasadnya. Konsep plafon yang tinggi serta diberikan bukaan kaca, bertujuan untuk menunjang kecukupan cahaya dan kelancaran sirkulasi udaranya.

    Untuk menarik pasar, pihak developer menawarkan sistem pembayaran yang fleksibel. “Selain pembayaran melalui cash dan KPR kami juga melayani pembayaran yang disesuaikan dengan kemampuan calon pembeli, yakni cash bertahap. Kami juga berikan beberapa promo, yakni harga Cluster Alam Asri sudah termasuk PPN dan BPHTB serta free biaya Notaris,” pungkas Jacky berpromosi. Wahyu Pras-red

    PARTNER
    Amata Desain    ABOV - Architecture.Branding.Visioning    Archira - Architecture & Interior    Yuliana Pertamanan    Lawangarep Studio    Puri Desain