Pasang IKLAN BARIS GRATIS! DAFTAR | LOGIN


Koneksi Properti Jogja & Solo Raya-bagian 1

    Unit rumah tipe 50, Mukti Sendangtirto Residence
    Perspektif unit-unit rumah tipe 54, Azalea Citra
    Unit rumah tipe 45, Puri Arsita Singopuran Solo
    Rumah tipe 50, di tahap 1 Pondok Permai Kartasura Solo
    Perspektif rumah tipe 105 (Anastasia) Permata Park View

    Antara Jogja dan Solo mempunyai kedekatan, baik secara jarak geografis maupun historis. Merupakan bagian dari kawasan segitiga emas Joglosemar (Jogja Solo Semarang). Dengan dukungan berbagai infrastrukturnya, ketiga kota diyakini akan bersinergi untuk saling support di semua aspek kehidupan.

    Istilah Solo Raya semakin sering terdengar untuk menegaskan kedekatan secara geografis sebaran wilayah yang berada di sekeliling kotamadya Surakarta atau akrab disebut Solo. Wilayah yang termasuk kawasan Solo Raya secara historis karesidenan Surakarta meliputi Kotamadya Surakarta, Kabupaten Boyolali, Kabupaten Sukoharjo, Kabupaten Karanganyar, Kabupaten Sragen, Kabupaten Wonogiri, dan Kabupaten Klaten. Setelah pernah muncul kawasan Solo Baru yang awalnya dirancang sebagai kota Satelitnya Solo, saat ini wilayah perkembangan perkotaan sebagai area penyangga kotamadya Surakarta sudah tersebar secara merata. Sebut saja wilayah Baki, Gentan, Delanggu, Kertonatan, Kartasura, Colomadu, Ngemplak, Bekonang, dan Palur secara signifikan berkembang menjadi kawasan yang sudah ramai dan potensial menjadi area penyangga kotamadya Surakarta.

    Salah satu indikatornya, bisa di lihat dari pertumbuhan daerah tersebut, dari pertumbuhan kawasan perumahannya. Semakin lama semakin banyak muncul kawasan hunian, yang member dampak positif bagi tumbuhnya perekonomian suatu wilayah. Nah kali ini, selain informasi kawasan terbaru dari beberapa titik di kota Jogja, kami juga informasikan progress pertumbuhan kawasan perumahan di seantero Solo Raya. Mulai dari segmen middle sampai level premium.

    Mukti Sendangtirto Residence menunjukkan progress penjualan yang cukup signifikan menjelang akhir tahun 2019 ini. Kawasan hunian 1 lantai terbaru di sisi Timur kota Jogja ini banyak mendapatkan respon dari konsumen lokal. “Beberapa konsumen lokal kami, tak sedikit yang berasal dari Wonosari Gunungkidul dan beberapa konsumen wilayah Jogja Timur yang bekerja di luar Jogja, yang mempunyai motivasi untuk kembali ke kota Jogja saat memasuki pensiun nantinya. Jadi mereka sudah tahu history dan mengikuti perkembangan wilayah kami yang berangsur ramai, sehingga ikut mengangkat nilai propertinya,” terang Benny Sutedja, selaku Marketing Manager developer PT. Mugi Mukti Mulia.

    Secara lokasi tergolong strategis, memiliki keunggulan aksesibilitas yang mudah menuju pusat kota dan fasilitas pendukung lainnya. Range harga di antara 500 – 700 jutaan masih menyimpan potensi yang sangat besar, khususnya di sisi Timur Kota Jogjakarta. “Saat ini unit rumah kami di tawarkan mulai harga 590 jutaan untuk tipe 50, dan kisaran harga 650 jutaan untuk tipe 60-nya, harga tersebut sudah include PPN dan biaya IMB. Sampai Oktober 2019 ini, kami sudah berhasil menjual 11 unit rumah dari total 19 unit yang akan kami hadirkan di lahan seluas 3000 m² ini,” lanjut Benny. Perumahan yang mulai di pasarkan Maret 2019 ini, progress pembangunan di lapangan sudah sangat signifikan. Seluruh infrastruktur pendukung kawasan, yakni jalan lingkungan, pos security, jaringan listrik PLN serta air bersih PDAM, dan tembok keliling sudah selesai dibangun. Beberapa unit rumah terpesan sudah dalam proses bangun, dan ada 2 unit rumah yang akan kami serah terimakan dibulan Desember 2019 nanti.”

    Mukti Sendangtirto Residence tepatnya berada di dusun Noyokerten, Sendangtirto Berbah Sleman atau persis di sisi Selatan pintu masuk AAU Adisutjipto. Sangat dekat dengan berbagai institusi pendidikan lainnya seperti, Amikom, Atmajaya, serta berbagai fasilitas kesehatan seperti dekat RS AU Harjolukito, RS Bhayangkara, dan berbagai klinik kesehatan modern lainnya. Terkoneksi dari perempatan Ringroad Timur Blok O ataupun Jalan Raya Jogja Wonosari. Kawasan perumahan tersebut sangat dekat kawasan perkantoran seperti 10 menit menuju Balaikota, TransMart, dan Mall Ambarrukmo. Yang terbaru dekat dengan akses pintu tol Maguwo yang masuk trase tol Trans Jawa Jogja - Solo dan berada di area dalam poros JORR (Jogja Outer Ringroad) yang akan segera direalisasikan pembangunannya di tahun 2020 mendatang.

    Fasilitas umum yang disiapkan oleh PT. Mugi Mukti Mulia di dalam kawasan hunian tersebut antara lain konsep one gate system yang dilengkapi dengan keamanan satpam 24 jam serta diberikan jalan kawasan dengan lebar 6 meter, serta taman kawasan untuk mendukung penghijauan dan estetika kawasan. Rumah yang di tawarkan berkonsep tropis minimalis dengan lebar depan 7,5 – 8,5 meter yang di dukung kualitas konstruksi yang terjamin. “Untuk makin menunjang kecepatan penjualan, kami saat ini sedang membangun unit rumah contoh tipe 50. Yang rencana akan digunakan sebagai kantor pemasaran dilokasi serta mengantisipasi peluang terhadap calon konsumen yang menginginkan rumah siap huni. Bagi yang tertarik mengambil unit rumah di Mukti Sendangtirto Residence, ada promo penawaran cicilan 12 X tanpa bunga, cukup menyediakan DP 20% saja, dan bagi KPR terdapat penawaran DP 10 % dari perbankan kerjasama dengan kami,” papar Benny menutup perbincangan.

    Azalea Citra hadir sebagai produk perumahan terbaru garapan PT. Citra Kedaton yang berada di sisi Timur Kota Jogjakarta. Kawasan yang tetap mengusung konsep green living sesuai visi developer, di bulan Oktober 2019 ini sudah melakukan pre launching, hampir bersamaan dengan lokasi terbaru lainnya yang berada di wilayah Prambanan Klaten, yakni Ambara Citra. Lokasi Azalea Citra berada di tepi poros jalan alternatif Ukrim – Kadirojo atau 200 meter sisi Timur Candi Sambisari, Purwomartani Kalasan Sleman.

    “Perumahan terbaru kami ini berada di atas lahan 3500 m² dengan menyediakan 14 unit rumah dan 3 unit ruko. Untuk tipe rumah 1 lantainya diberikan tipe 54/108, untuk rumah 2 lantainya bertipe 85/112, sedangkan untuk rukonya diberikan tipe 130/120. Kawasan Azalea Citra kami buka di harga kisaran mulai 823 jutaan sampai 950 jutaan untuk rumah, dan 1,2 miliaran untuk harga rukonya. Harga tersebut sudah termasuk PPN, IMB, serta penyambungan Listrik & PDAM,” tambah Jusan Jauhari, selaku Marketing Executive PT. Citra Kedaton. Harga tersebut akan menjadi berbanding lurus dengan lokasi perumahan yang mudah untuk aksesibilitasnya. Kawasan perumahan tersebut dikonsep menjadi kawasan hunian prestisius dan eksklusif yang terkoneksi langsung dengan Jalan Solo serta area pengembangan kawasan hunian sisi Timur kota Jogja.

    Dari sisi lokasi, Azalea Citra berada di area pengembangan perkotaan dan permukiman Kabupaten Sleman. Secara lokasi, perumahan ini sangat dekat dengan fasilitas penunjang, seperti dekat dengan Bandara Internasional Adisucipto yang berjarak 2 km, dekat dengan akses jalan Raya Jogja – Solo km. 11 maupun Ringroad Timur, beberapa kampus pendidikan pun terjangkau seperti Unriyo, USD Paingan, Ukrim, serta sekolah Budi Mulia serta tak jauh dari fasilitas kesehatan seperti rumah sakit Hermina, rumah sakit Bhayangkara dan pusat perbelanjaan LotteMart serta pusat perbelanjaan dan hiburan terbaru TransMart. “Dan yang terbaru, lokasi kami ke depan akan sangat dekat dengan pintu tol Maguwo yang terhubung ruas tol Trans Jawa trase Jogja – Solo yang sudah disetujui oleh pemerintah provinsi DIY,” lanjut Jusan, sapaannya.

    PT. Citra Kedaton menyebutkan segmentasi pasar yang disasar di Azalea Citra, lebih menyasar pada keluarga muda middle class yang sudah mapan secara penghasilan namun punya keperluan membeli rumah sebagai rumah tinggal, walaupun tak menutup kemungkinan ada beberapa calon konsumen yang membeli untuk motivasi investasi murni. Jusan mengungkapkan, respon pasar terhadap kehadiran Azalea Citra sangat positif. Sampai akhir Oktober 2019, Azalea Citra sudah laku 5 unit rumah dan 1 unit untuk rukonya. Faktor keberadaan lokasi sebelumnya kami yang hanya berjarak 500 meter, yakni Adara Citra turut mempengaruhi calon konsumen untuk segera mengambil unit kami di Azalea Citra. Apalagi kami buka harga perdana masih diangka 784 jutaan, dan per November 2019 ini sudah naik menjadi 823 jutaan untuk tipe 54, “ imbuh Jusan.

    Untuk memudahkan konsumen dalam hal pembiayaan, pihaknya menawarkan proses bayar yang menarik. “Prosentase antara metode KPR dan cash bertahap cukup berimbang di transaksi perumahan yang berada di area Jogjakarta. Saat ini untuk cash bertahap, dengan DP 30 % diberikan kemudahan yakni pembayaran DP-nya bisa diangsur 3 – 6 bulan, selanjutnya sisa 70 %nya dapat dicicil 9 kali tanpa bunga. Untuk KPR, DP bisa lebih ringan, mulai 10 – 15 % tergantung rekomendasi dan penilaian dari pihak perbankan. Untuk fasilitasnya, Azalea Citra dikemas dalam konsep mini cluster one gate system, security 24 hours with CCTV serta dukungan jalan lingkungan yang lega dengan lebar 6 meter,” tutup Jusan Jauhari.

    Puri Arsita Singopuran di tahun 2019 ini terus berupaya menjadi kawasan yang prospektif dan diminati pasar Solo Raya. Kawasan di atas lahan seluas 1,1 hektar ini merupakan garapan developer dari kota Jogjakarta, yakni PT. Merapi Arsita Graha. Seperti disampaikan oleh Iman Susatyo, ST, selaku Branch Manager nya, bahwa kondisi pasar properti area Solo Raya ditahun 2019 harus diakui cenderung melambat. “Respon terhadap investasi properti area Solo Raya yang memang berkarakter sebagai kota niaga, sehingga kondisi politik nasional memberi pengaruh yang cukup signifikan. Banyak calon konsumen yang masih wait and see. Namun kita cukup optimis dan berharap menjelang akhir tahun 2019 ini, iklim investasi khususnya investasi di bidang properti bergairah. Kondisi iklim politik nasional yang sudah menuju stabil diharapkan memberi ketenangan bagi investor dan seluruh dunia usaha di Solo Raya”.

    Puri Arsita Singopuran menyajikan hunian sebanyak 56 unit hunian mulai dari tipe 34, tipe 45 dan tipe 50 untuk kawasan 1 lantainya dan tipe 116 untuk bangunan 2 lantainya, dengan pilihan luasan tanahnya mulai 88 m2 - 174 m². Kami tawarkan mulai kisaran harga 700 jutaan hingga paling tinggi di kisaran 1miliaran. Harga tersebut sudah termasuk PPN. Untuk kelengkapan legalitasnya, sertipikat sudah pecah per kavling serta IMB rumahnya pun sudah siap,” terang Iman mantab.

    Progress pembangunan di Puri Arsita Singopuran, secara kawasan sudah terbentuk sebagai kawasan yang nyaman dan berestetika. “Kami juga sedang re-design maingate area, supaya lebih menarik untuk memberi kesan prestisius dan elegan. Seluruh infrastruktur dan jaringan listrik serta air bersih sudah siap di tiap kavlingnya. Kawasan blok depan sudah berdiri beberapa unit rumah 2 lantai dan di area blok belakang kawasan hunian 1 lantai kami sudah banyak yang sudah dihuni. Dengan dukungan jalan lingkungan 7 meter, area playground , taman di berbagai sudut kawasan, dan pos jaga security menjadikan Puri Arsita Singopuran semakin hidup lingkungannya,” lanjut Iman, sapaan akrabnya.

    Tepat berada di antara tiga poros jalan raya provinsi, yakni jalan Adi Sumarmo Kartasura, jalan A. Yani Kartasura, dan jalan Adisucipto Surakarta. Puri Arsita Singopuran sendiri berada di kawasan yang sedang berkembang pesat sebagai kawasan perekonomian baru. Dekat dengan Bandara Internasional Adi Sumarmo, terminal bus Kartasura, dan dekat akses pintu Tol Trans Jawa, yakni pintu tol Colomadu yang terhubung di ruas jalan provinsi Solo - Semarang. Fasilitas pendidikan juga sangat memadai, yakni Kampus Terpadu Universitas Muhammadiyah (UMS), kampus ATMI (Akademi Teknik Mesin Indonesia), serta Pondok Pesantren Modern Assalam. Kawasan Singopuran sendiri didukung aksesibilitas untuk menjangkau berbagai sarana kebutuhan hidup. Iman menjelaskan Puri Arsita Singopuran ini terletak di pertengahan pusat perniagaan, Mall dan pusat perbelanjaan seperti Solo Square, Luwes Kartasura, dan yang terbaru hadir kawasan superblock mix used Educational Heritage & Tourism Center di bekas pabrik Gula Colomadu yakni The Tjolomadu dan kawasan wisata baru The Heritage Palace. Ditunjang pula dengan berbagai fasilitas kesehatan, seperti dekat dengan rumah sakit UNS, rumah sakit Yarsis, rumah sakit Orthopedi dr. Soeharso, dan rumah sakit bedah tulang Isy Karima.

    Untuk lebih menarik minat konsumen developer memberikan berbagai pilihan cara bayarnya. “Untuk KPR, DP bisa 10%, untuk cash bertahap, kami berikan kemudahan cicilan 12 X tanpa bunga dengan DP 20% saja, dan untuk pembayaran cash keras, kami berikan diskon khusus,” pungkas Iman Susatyo.

    Pondok Permai Kartasura merupakan sebuah lokasi perumahan yang cukup fenomenal berkonsep middle up residential terbesar di kawasan Solo Raya. Setelah sukses sebelumnya dengan proyek Pondok Permai Colomadu 1, Pondok Permai Solo Baru, Pondok Permai Colomadu 2, dan Pondok Permai Kertonatan. Diungkapkan Lukman Hakim, Manager Marketing & Assistant General Manager Sumber Baru Land, “Bisa dikatakan Pondok Permai Kartasura ini menjadi lokasi perumahan terbesar yang berada dalam peta perkembangan perkotaan khususnya di sisi Barat kota Solo”.

    Perumahan yang menawarkan total unit 89 rumah dan 21 ruko ini dilengkapi dengan fasilitas lengkap dan eksklusif. Mulai dari gerbang perumahan yang megah dan estetik dan sudah siapnya kawasan komersil berupa 21 unit ruko dengan panjang area parkir 20 meter yang dihiasi taman kawasan membentang di sepanjang 100 meter. Infrastruktur jalan lingkungan, instalasi listrik dan air bersih sudah siap, ketersediaan fasilitas clubhouse yang dilengkapi dengan swimming pool with garden and playground pun sudah bisa digunakan oleh seluruh penghuni kawasan. Jalan lingkungan yang sangat lebar dengan tembok kawasan dilapisi marmer, menambah kesan prestisius dan elegan.

    Pondok Permai Kartasura dengan letaknya yang strategis. Telah terdukung dengan berbagai fasilitas publik yang mendukung gaya hidup konsumen kelas middle up, baik dalam pemenuhan kebutuhan hidup sehari-hari. Memiliki akses yang baik untuk menuju ruas jalan provinsi Solo - Semarang dan sangat dekat dengan gerbang tol Solo – Semarang - Kertosono, 5 menit menuju kawasan bisnis Colomadu Kartasura, dan 10 menit dari Bandara Adi Sumarmo.

    “Akhir tahun ini, kami akan segera buka pemasaran di area pengembangan tahap 3 yang berada di sisi Timur kawasan yang diperkirakan berada di atas lahan 3 hektar, dan tersambung dengan blok cluster sebelumnya. Dikonsep mini cluster on cluster, sangat mirip konsepnya dengan proyek perumahan Pondok Permai Tamantirta 2 kami di Jogjakarta. “Nanti di dalam cluster tersebut, juga akan diberikan sub-maingate cluster, sehingga akan lebih menunjang kenyamanan penghuni, karena lebih terjaga dari sisi privasi dan keamanan. Di pengembangan ini, kami akan buka sub cluster 1 dengan 88 unit rumah 1 lantai tipe 44 dengan luasan tanah yang cukup besar, yakni mulai 113 m², yang ditawarkan kisaran harganya 750 jutaan. Dan ke depannya akan kami buka lagi sub cluster 2, bahkan sub cluster 3, yang saat ini sedang proses perijinannya,” terang Lukman, panggilan akrabnya.

    Pondok Permai Kartasura sudah terserap lebih dari 80 %. “Harga yang kami tawarkan sudah mengalami kenaikan dengan besaran prosentase kenaikan nilai investasinya nya di angka antara 15 – 20 % per tahun. Di tahap 2 juga masih menawarkan hunian 1 lantai mulai dari tipe 50, tipe 65 (hook) sedangkan rumah 2 lantainya masih disediakan tipe 100 dan tipe 125 (hook), serta ruko di kawasan commercial area bertipe 160/107. “Untuk rumah 1 lantai, kami tawarkan dikisaran 770 jutaan, sedangkan di rumah 2 lantainya saat ini sudah dikisaran harga mulai 1 miliaran,” ungkap Lukman.

    “Menjelang akhir tahun 2019 ini, kami juga sedang matangkan persiapan pembukaan kawasan terbaru kami, yakni Pondok Permai Colomadu 3. Akan dihadirkan 56 unit rumah di atas lahan 1,4 hektar dengan konsep rumah 1 lantai dan 2 lantai dengan spesifikasi bangunan yang istimewa tentunya. Persis 500 meter di sisi Utara icon wisata baru The Tjolomadu atau 300 meter sisi Timur kompleks Lanud Adisumarmo dan hanya 3 menit menuju Bandara Internasional Adisumarmo serta di apit 2 pintu tol Trans Jawa wilayah Solo Raya, yakni pintu tol Colomadu dan pintu tol Ngemplak,” tutup Lukman Hakim.

    Permata Park View menjadi mahakarya terbaru dari developer ternama di Solo Raya yakni Menara Santosa. Kawasan hunian ini berada pada lokasi strategis di daerah Barat kota Solo, tepatnya tepian poros jalan provinsi Solo, Semarang dan Yogyakarta. Lokasi Permata Park View ini berada di area arah perkembangan perkotaan Solo Raya, berada dititik pintu masuk menuju kota Solo, yakni Kertonatan Kartasura.

    Dukungan infrastruktur skala nasional semakin menambah nilai plus, antara lain 10 menit menuju Bandara Internasional Adi Sumarmo, serta 5 menit menuju pintu tol Solo, yang merupakan bagian dari Tol Trans Jawa, yang akan menghubungkan kawasan segitiga emas Jogja – Solo – Semarang. Berbagai keunggulan lainnya yakni dekat dengan berbagai fasilitas publik, yakni pusat niaga Kartasura dan Colomadu, wisata seni dan budaya The Tjolomadu & The Heritage Palace, Solo Square Mall, Transmart Studio Pabelan, Rumah Sakit Akademik UNS, kampus terpadu UMS, dan Pondok Modern Assalam.

    “Pada dasarnya Menara Santosa memiliki klasifikasi produk kawasan hunian. Yang pertama adalah kategori premium product, dan yang kedua kategori basic product. Menjelang tahun 2020 ke depan ini, kami kembali menyajikan perumahan unggulan dan prestisius di kedua segmentasi pasar properti tersebut. Untuk yang premium kami sudah hadirkan Permata Village yang merupakan lanjutan dari seri premium sebelumnya yakni Permata Botanical. Namun, kami juga melihat peluang di middle market property di kawasan Solo Raya ini potensinya masih sangat besar. Maka kami mempersembahkan perumahan Permata Park View yang merupakan basic series,” papar Herman Santosa, selaku CEO Menara Santosa.

    Permata Park View masih tahap pre launching ini mengusung compact size house, dengan menghadirkan unit rumah menengah yang secara total akan menghadirkan 160 unit rumah di atas lahan 2,5 hektar. “Kawasan terbaru kami yang berada di wilayah Kertonatan ini, dipasarkan secara bertahap. Quality, comfortable, but affordable akan menjadi prinsip utama dalam membangun unitnya. “Untuk pilihan tipe-nya, Permata Park View akan menghadirkan 5 tipe, dengan yang mempunyai luas kavling variabel mulai 72 – 120 m². Mulai dari yang terkecil, yakni tipe 40/72 (Fiona), tipe 85/120 (Natalie), dan tipe 55/96 (Dominique) untuk model rumah 1 lantainya. Sedangkan untuk model rumah 2 lantainya kami berikan tipe 70/72 (Emily), dan tipe 105/120 (Anastasia) sebagai tipe terbesarnya. Di masa pre launching ini, kami tawarkan harga perdananya mulai 395 jutaan, harga yang sangat terjangkau bagi pasar middle,” papar Herman semangat.

    Saat ini kawasan Permata Park View masih proses pembangunan infrastruktur kawasan. Adapun konsep kawasan akan dikemas dalam nuansa tropis dengan dominasi pepohonan hijau, selaras konsep green park. Untuk fasilitas umum yang akan dihadirkan, konsumen juga akan mendapatkan berbagai fasilitas unggulan seperti automatic gate system, security 24 hours with cctv system, internet, dan dukungan jalan lingkungan dengan lebar 7 meter. “Saat ini progress di lapangan, sedang dalam pembangunan berbagai fasilitas dan seluruh infrastruktur penunjang.

    Untuk kualitas bangunan, kami pastikan untuk menyajikan spesifikasi berkualitas untuk middle class di Permata Park View ini. Kami gunakan bahan pilihan dan berkualitas, seperti penggunaan engineering wood untuk pintu dan jendelanya di tiap ruangnya, double layer roof di atap bangunannya, sanitair american standard, dan jaringan air bersihnya menggunakan air sumur dengan backup PDAM.

    Untuk lebih menggenjot penjualan Permata Park View, Menara Santosa memberikan beberapa program promonya. Untuk penawaran perdana ini diberikan promo DP 0%, dengan angsuran 80 ribuan/hari. Tak hanya itu diberikan bonus tambahan lainnya yakni Free biaya BPHTB, Balik Nama, dan biaya KPR. Untuk KPR diberikan beberapa opsi tenor, mulai 15 tahun – 20 tahun, dengan opsi DP 0 % dan 10 % saja. Untuk konsumen yang menginginkan pola bayar cash bertahap, bisa memakai sistem installment 6 kali tanpa bunga, dari nilai harga langsung dibagi 6 kali angsuran.

    “Untuk seri premium yaitu Permata Botanical, yang mana kawasannya sudah mencapai 80% dan sudah ditinggali untuk beberapa rumahnya. Kami membuka koridor baru di Permata Botanical yang dinamakan koridor Kyoto, yang mengutamakan efisiensi maksimal di ruang yang terbatas. Type Hiro meupakan hunian 2,5 lantai dengan luas tanah 90m² yang terdiri dari 4 kamar tidur, 3 kamar mandi, 1 ruang serbaguna, carport yang muat 2 mobil sekaligus, ditambah lagi dengan 1 kamar service.

    Di awal 2020 kami hadirkan bagi konsumen premium yang menyukai dan menginginkan unit hunian berkonsep modern tropis dan mengusung tradisional klasik jawa, kami arahkan mengambil di Permata Village. Permata Village saat ini, seluruh infrastrukturnya semua siap 100 % selesai, sehingga calon pembeli dapat dengan leluasa datang melihat dan nyaman memilih kavlingnya dan selanjutnya kami sedang dilakukan pembangunan fasilitas umum dan unit-unit rumah yang terjual.

    “Untuk progress penjualan, secara keseluruhan tahun 2019 ini memang terpengaruh dengan isu politik dan isu ekonomi perang dagang, yang mempengaruhi keputusan konsumen mengambil investasi di area Solo Raya yang kuat karakternya sebagai kota perniagaan. Namun kami yakin, perumahan kami akan mampu terus diserap pasar,” tutup Herman tegas. Wahyu Pras - red

    PARTNER
    Archira - Architecture & Interior    A + A Studio    Sesami Architects    Laboratorium Lingkungan Kota & Pemukiman Fakultas Arsitektur dan Desain UKDW    Team Arsitektur & Desain UKDW    Puri Desain