Pasang IKLAN BARIS GRATIS! DAFTAR | LOGIN


Kalaidoskop Properti Jogja Istimewa-bagian 1

    Perspektif rumah tipe 50, Pondok Permai Palagan 4
    Perspektif rumah tipe 50, Ambara Citra
    Perspektif commercial area (Shophouse) & apartment (Cornell Tower)

    Perkembangan di berbagai wilayah Jogjakarta tahun 2019 terus melaju positif. Berbagai titik-titik baru kawasan hunian terus bertambah. Walaupun penjualan secara makro sempat melambat di interval bulan April – September, karena iklim politik nasional yang sedang hangat, harus diakui membuat pasar bersikap wait and see.

    Sebaran perumahan di Jogja sudah semakin melebar, baik menuju arah Barat, Selatan, dan Timur. Faktor kehadiran Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) di Kulon Progo memberi stimulus positif bagi perkembangan hunian sisi Barat. Kemudian di susul akan hadirkan 3 jalur tol yang melintasi Jogja, yakni tol Jogja – Solo, tol Jogja –Bawen, dan tol Jogja – Cilacap memberikan andil yang sangat positif bagi developer untuk mencari titik-titik lokasi baru, khususnya yang tak jauh dari pintu tol. Sisi Timur kota Jogja menunjukkan daya tariknya dengan kehadiran trase tol Jogja – Solo via Manisrenggo Klaten.

    Sedangkan untuk pasar apartemen, mulai menjamur tower-tower yang akan hadir di area ring 1 seputaran kawasan kampus besar dan ternama di Jogjakarta maupun Sleman. Bergeser ke segmen perumahan murah bersubsidi juga mulai menjamur di berbagai area, baik area Bantul (Pleret, Sedayu, dan Pajangan) serta area Sleman Barat (Godean dan Seyegan).

    Tahun 2019 ini, bisnis properti Jogjakarta masih didominasi oleh rumah tapak (landed house) yang berada range 400 - 700 jutaan, untuk apartemen (highrise building) berada di range 500 -700 juta, dan rumah murah subsidi maupun rumah murah komersial berada di range harga 140 – 300 jutaan.

    Pondok Permai Palagan 4 merupakan wujud keberhasilan produktivitas Sumber Baru Land (SBL) mengembangkan kawasan perumahan di Jogja Utara. Sukses dengan 3 kawasan Pondok Permai Palagan sebelumnya, pengembang ini kembali menghadirkan kawasan terbarunya di sisi Barat poros Jalan Palagan Tentara Pelajar km. 8, yang ditawarkan sebanyak 18 unit hunian. Dengan konsep hunian 1 lantai, tipe rumah di Pondok Permai Palagan 4 ini menyajikan desain terbaru yang lebih terkesan tropis dan estetik.

    “Di Pondok Permai Palagan 4 ini kami hadirkan desain hunian yang modern dan compact, namun tetap menjaga keindahan dan fungsi bangunan. Kualitas bangunan juga semakin kami jaga dan tingkatkan demi kenyamanan konsumen,” terang Maria SE, selaku Marketing Manager yang sudah 11 tahun mengabdi di SBL. Perumahan yang hadir dengan nuansa alam nan hijau dan asri ini menawarkan tipe 50 dan tipe 50-hook. Memiliki pilihan luasan kavling variabel mulai 126 – 194 m². “Untuk harga, kami buka penawaran mulai kisaran 1,2 miliaran dan respon pasar cukup antusias dengan kawasan terbaru kami ini, sampai saat ini unit rumah Pondok Permai Palagan 4 sudah terjual 6 unit,” lanjut Maria.

    Konsep rumahnya mengusung langgam minimalis dengan nuansa tropis yang lebih kuat. Penggunaan atap limasan memberikan sentuhan fasad bangunan menjadi lebih elegan dan eksklusif. Unsur minimalis semakin tegas dengan ornamen penggunaan material di bukaannya, baik bentuk jendela dan pintu di bagian fasad depan hunian. Tipe standar 50 ini memiliki 2 kamar tidur utama, ruang tamu yang terhubung dengan ruang keluarga serta dapur.

    Unit rumah di Pondok Permai Palagan 4 ini, selain disajikan dengan new design juga diperkuat dengan keunggulan material yang terbaru. Tipe tersebut sudah memaksimalkan penggunaan material berkelas, disesuaikan dengan harga dan kualitas bangunan. Kedua tipe terbaru tersebut sudah menggunakan material granit untuk lantai, rangka atap baja ringan, dan juga sudah pekerjaan finishing yang lebih baik. Perumahan Pondok Permai Palagan 4 berdiri di atas lahan seluas kurang lebih 7500 m² ini dengan konsep one gate system, security 24 hours with CCTV, dan garden & playground area.

    Progress di lapangan saat ini sedang finishing infrastruktur kawasan, mulai dari tembok keliling, pembangunan maingate, pembagian kavling yang jelas, serta perkerasan mainroad utama maupun jalan lingkungannya dengan paving block selebar 8 – 10 meter. Kami memang sangat serius menggarap cluster ini dari segi peningkatan kualitas demi kenyamanan penghuni. Untuk kawasan, developer selalu mengedepankan konsep green living dengan memberikan penghijauan di tiap kavling, seluruh sudut kawasan, dan sepanjang jalan lingkungan,” papar Maria semangat.

    Pondok Permai Palagan 4 memiliki lokasi strategis ini, menawarkan kemudahan dan kenyamanan akses ke segala arah. Poros Jalan Palagan Tentara Pelajar terbukti menjadi kawasan premium di sisi Utara kota Jogja, memiliki aksesibilitas tinggi ke seluruh penjuru kota Jogja, berada di antara poros kawasan wisata Jalan Kaliurang serta Jalan Magelang sebagai jalan provinsi, serta tak jauh dari akses Ringroad Utara, hanya 15 menit ke pusat kota dan kampus UGM, serta 10 menit ke Bandara Internasional Adisucipto. Dikelilingi dengan fasilitas eksklusif menjadikan hunian di Pondok Permai Palagan 4 ini menjadi aset properti komersial bergengsi yang menjanjikan nilai investasi tinggi. “Untuk makin menggenjot penjualan, kami berikan special price harga soft launching dan berbagai kemudahan pola pembayaran, baik cash keras, cash bertahap, maupun cara KPR,” terang Maria berpromosi.

    Ambara Citra merupakan mahakarya terbaru persembahan developer Citra Kedaton yang sangat berpengalaman menghadirkan kawasan hunian, khususnya di sisi Timur Laut kota Jogja. Setelah sukses mengembangkan sayap bisnis propertinya di kota Klaten tahun 2018 lalu, melalui kehadiran Nayara Citra, maka di awal November 2019 kembali membuka lahan perumahan, yang secara administratif masuk ke wilayah kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

    PT. Citra Kedaton selaku developernya melihat peluang investasi di sisi Timur Kota Jogja masih sangat besar potensi pasarnya. Perkembangan kota Jogjakarta yang melahirkan kota satelit atau kawasan penyangga disekitarnya, sebagaimana perkembangan DKI Jakarta memiliki dampak pada wilayah Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi. Salah satu wilayah satelit dari Jogjakarta adalah Prambanan - Klaten. “Dalam 2-3 tahun kedepan, diprediksi akan banyak pelaju yang dihari kerja pada siang hari beraktifitas di kota Yogyakarta, di malam hari serta hari libur tinggal di pinggiran Jogja. Hal ini akibat melambungnya harga tanah di DIY yang menyebabkan kian tingginya harga rumah. Mau tidak mau, pilihan logis adalah membeli rumah di wilayah penyangga Jogjakarta, seperti Prambanan - Klaten.

    “Kita soft launching mulai 1 November 2019, kemudian diikuti launching resmi sekitar pertengahan Desember 2019 ini. Selama soft launching kita belum melakukan penjualan, meskipun sudah ada sejumlah calon konsumen yang menyatakan berminat untuk segera melakukan pembelian. Diharapkan saat launching pada pertengahan Desember 2019 ini sudah bisa langsung dilakukan transaksi penjualan dan kita yakin akan banyak konsumen booking kavling,” papar Jusan Jauhari, Marketing Executive PT. Citra Kedaton.

    Ambara Citra berada di desa Kokosan, kecamatan Prambanan kabupaten Klaten Jawa Tengah, atau berada 1 km di sisi Utara kawasan cagar budaya komplek wisata Candi Sewu & Candi Prambanan. “Rencana siteplan tahap awal ini, kami akan hadirkan 67 unit rumah tinggal berkonsep 1 lantai. Berada di lahan seluas 1,1 hektar, dihadirkan 3 tipe rumah, yakni tipe 45, tipe 50, dan tipe 60 dengan luasan kavling variabel mulai 84 m² - 112 m²,” papar pria yang akrab dipanggil Jusan.

    Untuk harga yang ditawarkan masih sangat terjangkau untuk segmen pasar lokal. “Sasaran kami memang segmen middle ya, jadi harga di Ambara Citra masih sangat kompetitif dan relatif lebih ekonomis dibandingkan di kawasan Sleman Timur,” lanjut Jusan. Kisaran harga yang ditawarkan mulai 425 jutaan sampai 590 jutaan. Harga tersebut masih merupakan harga soft launching atau harga perdana yang hanya berlaku terbatas untuk beberapa unit saja.

    Disampaikan Jusan, bahwa beberapa calon konsumen yang menyatakan minat adalah mereka yang pernah membeli perumahan yang dibangun oleh Citra Kedaton, atau mereka yang belum kebagian unit di perumahan Adara Citra yang kami kembangkan di sekitar Bandara Internasional Adi Sutjipto, serta beberapa orang yang aktifitasnya berada di sekitar wilayah Candi Prambanan atau Jogjakarta sisi Timur.

    “Karena masih masa soft launching, kami berikan beberapa program promo, khususnya utk menyambut momentum akhir tahun 2019 ini. Skema harga kami adalah adanya kenaikan harga unit rumah setelah 5 - 6 unit terjual, sehingga 5 - 6 pembeli pertama tersebut akan mendapat harga terbaik dibanding pembeli setelahnya. Artinya tujuan investasi properti akan dirasakan sangat positif dan menguntungkan”,lanjutnya menerangkan.

    Jusan menjelaskan, “Bagi konsumen yang tertarik mengambil unit rumah di Ambara Citra, diberikan opsi metode pembayaran KPR bisa mulai DP 5% dengan jangka waktu kreditnya hingga 25 tahun. Untuk cara bayar cash bertahap, bisa diangsur tanpa bunga sampai 12 kali. Bahkan kami juga membuka peluang, untuk angsurannya bisa dicicil bisa selama 24 kali. Dan yang paling penting ialah kelengkapan legalitas kami sudah 80% mendekati komplit, dan saat launching nanti sudah beres 100 %.”

    Barsa City merupakan apartemen strategis garapan Grup Ciputra di Jogjakarta merupakan salah satu opsi cerdas sekaligus visioner bagi investor dalam memilih apartemen. Di era modern dan milenial ini, tinggal di perkotaan merupakan dambaan setiap orang di jaman yang serba instan ini. Efisiensi waktu merupakan hal paling dicari sehingga kebutuhan rumah tinggal di tengah kota tak ayal menjadi sebuah kebutuhan. Akan tetapi ketersediaan hunian yang tepat di tengah kota sangatlah minim, terutama hunian rumah tapak yang kalaupun tersedia, harganya sudah selangit. “Jogja semakin istimewa, fakta tersebut juga berlaku di dunia properti. Tidak dipungkiri bahwa harga properti di Jogjakarta memang cukup kompetitif dibanding dengan kota-kota lain di Indonesia, sehingga banyak investor yang melirik kota Jogjakarta untuk berinvestasi properti di kota pelajar ini. Mempertimbangkan hal tersebut, memilih membeli apartemen menjadi opsi yang menarik untuk dilakukan. Selain lebih nyaman, harga yang ditawarkan relatif lebih terjangkau,” ungkap Yhonas Oktavian, selaku Head Of Department Marketing Barsa City.

    Saat ini ada beberapa pengembang yang menyediakan hunian apartemen di Jogjakarta dengan berbagai pilihan. Mulai dari apartemen standar hingga berkelas ekslusif yang hadir dengan keunggulannya masing-masing sehingga customer punya banyak pilihan. Banyaknya pilihan yang ada membuat keputusan membeli apartemen tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Beberapa hal wajib dipertimbangkan untuk memilih apartemen yang akan dibeli.

    Survey lokasi merupakan hal yang wajib dilakukan sebelum membeli apartemen. Apartemen yang terjangkau menuju kampus kuliah, tempat kerja, fasilitas umum, dan pusat perbelanjaan tentunya akan menjadi pilihan yang tepat. “Apartemen kami ini ditawarkan mulai 500 jutaan ini terletak di jalur utama kota Jogjakarta di Jl. Laksda Adisutjipto Km 7 (Utara Flyover Janti). Hanya 2 menit perjalanan menuju Kampus Universitas Atmajaya. Selain itu, kawasan sisi Utara yang berbatasan langsung dengan Jalan Dirgantara III memudahkan akses menuju beberapa kampus di daerah Babarsari, seperti STTN Batan, Universitas Proklamasi 45, STT Nasional serta Politeknik API, UPN Veteran, STIE YKPN, dan Universitas Sanata Dharma.

    Memanjakan kebutuhan modern lifestyle, Apartemen Barsa City hanya berjarak 1 kilometer dari Plaza Ambarrukmo, mall paling popular di Jogjakarta. Lokasi apartemen yang berada di jalan utama Jogjakarta memudahan akses ke berbagai pusat perbelanjaan lainnya, sebut saja Hartono Mall, Lippo Plaza, dan Transmart Carrefour. Lokasi Barsa City menjadi semakin strategis dengan skema rencana Tol Solo-Jogjakarta yang terintegrasi dengan jalur Tol Bawen-Jogjakarta. Kehadiran jalan tol ini diklaim dapat menarik wisatawan karena mereka lebih banyak menjangkau destinasi-destinasi lain di sekitar Jogja, selain menekan laju kepadatan di wilayah perkotaan.

    Faktor keamanan disini tidak terbatas pada keamanan lingkungan apartemen saja, namun termasuk keamanan gedung dan legalitas. Pembangunan gedung highrise pastinya lebih rumit dibandingkan pembangunan landed house. Seperti pembangunan gedung Apartemen Barsa City Jogjakarta yang selalu menggunakan konsultan berpengalaman di bidangnya dan wajib melakukan serangkaian tes di tahap pembangunannya. “Test yang kami lakukan pun bermacam-macam, mulai dari Pile Integrity Test, Pile Driving Analyzer Test, Static Loading Test. Serangkaian tes tersebut dilakukan untuk memastikan bahwa pondasi sesuai dengan standar kualitas yang telah ditentukan sehingga menghasilkan bangunan yang terbaik. Selain itu, kelengkapan legalitas apartemen patut dicermati, jangan sampai menyisakan masalah di kemudian hari,” ungkap Yhonas, sapaan akrabnya.

    Pertimbangan fasilitas meliputi fasilitas di dalam area pengembangan apartemen dan fasilitas umum di sekitar apartemen. Apartemen Barsa City merupakan apartemen yang berkonsep Mixed Use Building, dimana kawasan tersebut akan merangkum shopping gallery, apartemen 8 lantai dilengkapi 2 basement, dan area shophouse. Ruang-ruang komersial akan diisi sejumlah penyewa yang mengakomodir gaya hidup millennial dan pengusaha muda seperti coffee shop, restoran kekinian dan co-working space. Apartemen Barsa City bakal dilengkapi fasilitas yang menunjang gaya hidup masa kini seperti kolam renang, gym center, sky garden dan lounge untuk bersosialisasi antar penghuni. “Kawasan bisnis di Barsa City dilengkapi dengan shophouses yang dapat mendukung aktivitas bisnis dan komersial kawasan, dapat pula meningkatkan nilai investasi serta prospek yang luar biasa. Sesuai tagline kami, yakni 'Urban Millenial Living',” imbuhnya. Selain itu, terdapat fasilitas umum shelter Trans Jogja yang terintegrasi dengan kawasan Barsa City. Tidak perlu khawatir jika terburu-buru mengejar penerbangan, karena Bandara Adisutcipto Jogjakarta hanya berjarak 3 kilometer dari Barsa City Jogjakarta.

    Langkah yang tidak kalah penting dalam membeli apartemen adalah memilih developer yang terpercaya. Pastikan memilih developer terbaik dengan reputasi yang terpercaya sehingga produk apartemen yang disediakan adalah produk yang terjamin. Sukses dengan proyek di kota besar seperti Jakarta dan Surabaya, Grup Ciputra pun mengembangkan sayapnya ke kota lain seperti Makassar, Pekanbaru, Palu, Ambon, dan tidak ketinggalan Kota Jogjakarta. Grup Ciputra sebagai pengembang Apartemen Barsa City tentu tidak sembarangan dalam menentukan sebuah kawasan yang akan dibangun menjadi lebih bernilai.

    Progress penjualannya saat ini sudah lebih dari 50 % dari total 332 unit yang dihadirkan di Cornell Tower. Untuk area komersial berupa Shophouse 3 lantai di sisi Utara, juga sudah laku 5 unit dari total 11 unit. “Selain persiapan pembangunan tower apartemen, secara paralel saat ini kami juga lakukan pembangunan di kawasan shophouse tersebut bahkan sudah mencapai 50% pembangunannya,” lanjut Yhonas.

    Untuk makin menggenjot penjualan, diakhir tahun 2019 ini Barsa City makin gencar melakukan pameran sekaligus memberikan spesial promo. “Kami mencoba mengoptimalkan momentum liburan akhir tahun Natal dan Tahun Baru, seiring bergairahnya iklim investasi di Jogjakarta. Diberikan berbagai penawaran menarik, dengan harga mulai 500 jutaan include BPHTB, konsumen yang mengambil unit di Cornell Tower akan mendapatkan bonus fully furnished. Kami juga lakukan pameran mulai 19 Desember 2019 – 5 Januari 2020 di Plaza Ambarukkmo dan Pameran di Hartono Mall mulai 26 Desember 2019 - 5 Januari 2020. Terdapat christmas gift berupa perlengkapan elektronik menarik serta berhak mendapatkan lucky draw, bagi konsumen yang melakukan tanda jadi pembelian unit apartemen Barsa City. Kami juga lakukan Open House Show Unit @Marketing Gallery, 25 Desember 2019 sampai 1 Januari 2020,” pungkas Yhonas Oktavian. Wahyu Pras – red

    PARTNER
    Archira - Architecture & Interior    A + A Studio    Sesami Architects    Laboratorium Lingkungan Kota & Pemukiman Fakultas Arsitektur dan Desain UKDW    Team Arsitektur & Desain UKDW    Puri Desain