Pasang IKLAN BARIS GRATIS! DAFTAR | LOGIN


INSTAGRAMABLE CAFÉ dengan Permainan Warna-warna Tropis

    INSTAGRAMABLE CAFÉ dengan Permainan Warna-warna Tropis
    Lobby bertema Modern Tropical
    Pemilihan Furniture dengan tema Tropis
    Penerapan Warna Tropis Hangat (Peach) & Penerapan Warna Tropis Dingin (Vintage G
    Instagramable Spot Outdoor

    Tren usaha Café dan Restoran yang menjamur beberapa tahun belakangan membuat para pengusaha harus lebih kreatif memikirkan konsep Café dan Restoran sebagai tempat yang tidak hanya menyajikan makanan dan minuman yang enak melainkan juga memiliki pengalaman ruang berbeda. Mayoritas pengunjung yang merupakan para anak muda dan sadar budaya digital memiliki ketertarikan untuk berswafoto dan menguploadnya di media sosial sebagai wujud eksistensi mereka. Instagramable Interior menjadi syarat utama dalam membuat usaha Café dan Restoran, sebuah café harus memiliki interior yang menyenangkan untuk di foto lalu dibagikan kepada orang lain didunia maya.

    Tema interior monokrom dan industrial beberapa taun belakangan mendominasi usaha café dan restoran. Interior yang cenderung flat dan sepi menjadi background foto favorit pengunjung. Tren ini cenderung membawa kelatahan pada tema café, dinding-dinding un-finish, furnitur serba putih ataupun hitam dan lampu-lampu Edison expose merupakan pilihan detail interior yang sering digunakan. Inovasi baru dari interior café bisa dilakukan dengan berbagai cara salah satunya dengan menggunakan permainan warna pada interior bangunan.

    Warna pada interior Café dan Restoran bisa membawa atmosfer ceria pada ruangan sehingga sangat cocok untuk pengunjung yang datang bersama keluarga ataupun teman sehingga bisa membawa mood positif. Permainan warna bisa disesuaikan dengan efek emosional yang ingin disampaikan, seperti warna-warna hangat (merah, peach, orange, kuning) akan membawa semangat maupun warna-warna dingin (biru, hijau, ungu) yang membawa perasaan relaxing pada pengunjung. Kedua kelompok warna ini bisa dikombinasikan ataupun digunakan monotone (satu warna) sesuai dengan kesan psikologi yang ingin didapatkan.

    Tema Café dan Restoran dengan warna tropis bisa menjadi pilihan. Warna-warna alam khas negara tropis yang berkesan summer vibes dan hangat bisa membawa suasana liburan di pantai/hutan tropis Indonesia. Keuntungan Café dan restoran yang bergaya tropis adalah fleksibilitas warna yang bisa diterapkan untuk segala ruangan. Penggunaan warna-warna alam biasanya juga kerap dilakukan. Corak warna yang biasa digunakan adalah biru atau kombinasi warna biru-hijau gelap, dan hijau. Adapun untuk aksesori bergaya tropis, yang sering digunakan adalah bunga anggrek dan kembang sepatu, juga tirai yang berwarna cerah.

    Warna-warna tropis bisa dikombinasikan menjadi tematik sehingga membawa emosi berbeda di setiap ruang. Warna-warna hangat (merah, kuning, orange) bisa digunakan pada ruangan yang memiliki mood ceria dan semangat. Warna-warna hangat bisa membantu pengunjung untuk mendapatkan vibe positif untuk lebih produktif. Warna merah yang dipilih bisa mengacu pada pallete warna merah pastel seperti peach, salmon red, atau light red terracotta, pemilihan warna ini karena cenderung lebih ramah terhadap mata sehingga tidak membuat mata menjadi cepat lelah.

    Warna merah pastel pada ruangan bisa dikombinasikan dengan furniture yang berwarna lebih netral seperti sofa-sofa dengan warna abu-abu muda dengan pemilihan kayu-kayu dengan warna terang dengan natural finishing sehingga tidak menimbulkan terlalu banyak fokus pada ruangan. Pemilihan jenis lampu juga sangat penting untuk ruangan dengan aksen warna cerah. Kesalahan pemilihan jenis dan warna lampu bisa mengakibatkan dinding berubah warna. Untuk menonjolkan warna-warna hangat seperti merah teracota dan peach pilihan warna lampu bisa menggunakan warna putih atau light yellow. Warna dinding akan semakin menonjol dan menjadi fokus utama ruangan.

    Selain menggunakan warna-warna hangat, Café dan Restoran dengan konsep warna tropis bisa juga mengeksplor warna-warna bernuansa dingin seperti dark blue, hijau tosca atau vintage green. Pemilihan warna-warna tropis dari kelompok warna dingin bisa membawa mood ruangan menjadi lebih rileks, santai dan menenangkan hati. Pengunjung yang sedang ingin bersantai, curhat atau butuh fokus tinggi mengerjakan tugas bisa memilih ruangan ini untuk mendapatkan vibes rileks.

    Pemilihan warna vintage green pada dinding utama bisa dikombinasikan dengan dinding berwarna lebih netral seperti putih/abu-abu muda. Pengkombinasian dua warna ini berfungsi untuk menyeimbangkan permainan warna dalam ruangan karena warna vintage green akan membuat ruangan menjadi lebih berat dan gloomy apabila digunakan secara monotone. Penggunaan satu blocking warna pada satu bidang dinding bisa digunakan sebagai solusi membuat sebuah point of interest pada sebuah ruang. Pengunjung diajak untuk terfokus pada satu arah yang bisa juga dikombinasikan dengan bentuk furnitur dan wall ornament yang menunjang fungsi dinding tersebut sebagai background mengambil swafoto/instagramable spot.

    Dinding berwarna vintage green sangat cocok dikombinasikan dengan furnitur bertema kayu dan gold sehingga membuat kesan tropis semakin kuat. Pemilihan jenis kayu bisa menggunakan jenis kayu terang tanpa finishing warna sehingga menonjolkan warna pada dinding. Peletakan beberapa elemen lampu dan cermin pada area swafoto bisa menambah nilai estetis pada sebuah ruangan. Selain itu penataan ruang yang simetrikal juga dapat membuat area swafoto lebih seimbang dan menarik.

    Lobby utama bangunan merupakan bagian yang harus diperhatikan karena bagian ini merupakan entrance masuk bagi para pengunjung. Lobby bangunan bisa juga dikonsepkan menjadi spot foto yang menarik dan fungsional.Lobby bergaya tropis bisa diciptakan dengan kombinasi warna dinding hangat dan sofa hijau tosca sebagai aksen. Kolom eksisting pada kiri kanan lobby di treatment ulang menjadi sebuah lemari kayu build-in untuk menaruh tanaman, foto dan ornamen ruang. Pemilihan ornamen ruangan menggunakan warna-warna netral seperti putih/coklat muda, hal ini terlihat pada pemilihan warna putih pada cuve lampu, frame foto, pot tanaman dan furnitur berwarna coklat muda.

    Pemanfaatan cahaya dan penghawaan alami pada interior semakin menegaskan konsep tropis pada interior yang tetap bisa nyaman dan indah tanpa bantuan pencahayaan buatan maupun air conditioner. Pemilihan konsep interior tropis sejatinya juga merupakan pilihan bijak untuk lebih mau menghemat energi dengan memanfaatkan cahaya dan angin yang melimpah di negara kita.

    Pemilihan furnitur dan beberapa detail disesuaikan dengan vibe warna tropical yang cenderung menonjolkan beberapa warna kayu dengan tone muda dan detail-detail furnitur rotan/anyaman bambu. Jenis kayu yang digunakan untuk furnitur adalah jenis kayu jati muda tanpa coating warna tertentu. Treatment pada furnitur hanya menggunakan coating transparent untuk melindungi dan menonjolkan serat kayu pada furnitur.

    Peletakan ornamen dinding seperti bingkai foto diwadahi menjadi 1 ambalan selain tidak merusak dinding juga untuk menonjolkan dinding warna sebagai background ruang. Ornamen-ornamen pelengkap ruangan merupakan hal kecil yang tidak boleh disepelekan. Detail-detail pelengkap ruang inilah yang akan memberi nyawa pada setiap ruang sesuai dengan tema interior yang dipilih.

    Cermin bisa menjadi pilihan mempercantik ruang, selain berfungsi sebagai ornamen, cermin juga bisa memberi kesan ruangan yang luas. Cermin dengan model bulat yang dipadukan dengan frame berwarna gold menambah kesan santai dan cair pada ruangan menyesuaikan dengan fungsi ruang makan café yang digunakan sebagai ruang interaksi dan berinteraksi.

    Jenis meja dan kursi bar bisa juga dikombinasikan pada ruangan bertema tropis. Furnitur jenis ini bisa memberi pengalaman lain dalam mengobrol dengan lebih santai. Pemilihan model yang ringan dan simpel menyeimbangkan jenis pilihan warna ruang sudah menjadi fokus utama. Tanaman indoor dengan vase dari anyaman rotan bisa juga dikombinasikan dengan meja ini untuk mempercantik ruang.

    Untuk memperkuat kesan tropis suasana luar bangunan bisa dimanfaatkan sebagai area outdoor seating dengan pilihan furnitur yang terkesan chill dan vacancy. Pemilihan warna didalam interior bisa juga diterapkan pada eksterior bangunan sebagai point of interest dari outdoor area. Warna merah terracotta diterapkan pada container display es krim sebagai elemen utama pembentuk ruang luar bangunan.

    Furnitur outdoor menggunakan model bean bag dengan garden umbrella berbagai warna untuk mendukung tema tropical yang colourfull dan relaxing. Penambahan ornamen lampu-lampu Edison semakin memperkuat suasana garden party pada café ini. Perkerasan taman menggunakan grass block yang dikombinasikan dengan rumput selain untuk memperkuat tema Tropical Garden Café juga digunakan untuk menanggulangi durabilitas garden yang setiap hari terinjak-injak oleh pengunjung.

    Instagramable spot bisa juga ditambahkan pada eksterior bangunan. Spot ini bisa dikombinasikan dengan fungsi lain seperti container box es krim yang dikombinasikan dengan ayunan dengan background warna merah terracotta berhias mural. Taman dengan tanaman tropis pada background bisa digunakan pula sebagai lokasi berswafoto ria untuk mengabadikan momen liburan para mengunjung.

    Terdapat beberapa kekurangan dari penerapan tema Tropical Modern Garden dengan warna-warna tropis, Pertama pemilihan warna yang cenderung lebih sulit karena tidak semua produk cat dinding memiliki warna yang sesuai dengan keinginan kita, bisa saja terjadi warna yang tidak rata jika kita tidak menggunakan satu jenis merk warna pada satu ruangan. Kedua kesulitan pengaplikasian pada dinding, kesalahan pengaplikasian bisa berdampak pada warna yang tidak merata ataupun tidak sesuai dengan brosur tes warna tersebut. Kondisi dinding harus dipastikan siap dicat dengan cat dasar lalu digunakan sealer untuk mendapatkan warna maksimal. Kesulitan ini biasa terdapat pada pengaplikasian cat berwarna tua (dark blue, vintage green, terracotta dll). Ketiga biaya konstruksi yang relatif lebih mahal. Penggunaan finishing cat pada dinding dengan beragam treatment memungkinkan terjadinya penambahan biaya, hal ini masih mungkin bertambah jika kondisi dinding rusak atau belum siap cat dan memerlukan aci ulang. Namun dari semua kekurangannya memiliki ruangan dengan karakter warna yang kuat sangat bisa menjadi ciri khas dari café/restaurant yang anda miliki dan pastinya unik.

    Selamat Mencoba dan semoga menjadi masukan bagi pembaca yang ingin memulai bisnis café dan restaurant. Naskah & Perspektif : Sesami Architects
    Sesami Architects

    Address :
    Jl. Al Hikmah No.6, Rawa Buaya,
    Cengkareng, Jakarta Barat
    ( Jakarta Office )

    Jl. Bunga, Sawitsari Blok J5-6,
    Condong Catur, Sleman
    ( Yogyakarta Office )

    Phone : +62856 4239 2447
    Email : kontaksesami@gmail.com

    Instagram : @sesami.id

    Project Photos : Massimo Gelato Yogyakarta

    PARTNER
    Amata Desain    ABOV - Architecture.Branding.Visioning    Archira - Architecture & Interior    Yuliana Pertamanan    Lawangarep Studio    Puri Desain