Pasang IKLAN BARIS GRATIS! DAFTAR | LOGIN


Inspirasi Desain Kost Putri Eksklusif LT : 2215 m² | LB : 1107.5 m²

    Inspirasi Desain Kost Putri Eksklusif#1
    Inspirasi Desain Kost Putri Eksklusif#2
    Inspirasi Desain Kost Putri Eksklusif#3
    Inspirasi Desain Kost Putri Eksklusif#4
    Inspirasi Desain Kost Putri Eksklusif#5

    Kos Putri Eksklusif terletak di Jl. Ring Road Utara Kronggahan II, Trihanggo, Kecamatan Gamping, Kabupaten Sleman, Jogjakarta berada di kawasan strategis sebagai jalur lingkar menuju ke pusat Kota Yogyakarta, hal ini menjadi potensi lokasi dalam pengembangan fungsi hospitality dan komersial. Letak site berada tepat di hook RingRoad Barat dengan kondisi awal site berupa petak kavling dengan tanah miring dan parit. Situasi ini membuat massa pada sebelah timur site berbatasan dengan ring road sehingga massa dimundurkan 22 meter sesuai regulasi GSB arteri dan massa Barat dimundurkan 3 meter sesuai regulasi GSB parit.

    Parit yang berada di tengah site kemudian dipindahkan ke sisi Utara site sehingga parit lebih lancar untuk mengakses mengairi sawah setempat. Peletakan massa memanjang merespon bentuk site trapesium sehingga bangunan terlihat menonjol dari jalan menambah nilai jual bangunan dalam segi komersial dan mudah diakses dengan pemandangan menuju sawah dan parit pada sisi Barat dari kamar kos sehingga menambah ambience nyaman dan segar untuk penghuni kamar kos. Massa bangunan berupa 2 lantai di sisi barat untuk kos dan sisi Timur untuk klinik dan Indomaret dengan 1 basement parkir mobil untuk penghuni kos.

    Pada proyek ini klien membutuhkan 50 kamar kos dengan fasilitas kamar mandi dalam dan balkon untuk menikmati pemandangan saat sunset dilengkapi dengan fasilitas klinik kesehatan umum dan Indomaret di sisi Timur bangunan. Fungsi bangunan disusun secara vertikal untuk menyiasati kebutuhan fungsi ruang di lahan yang terbatas dengan 25 kamar kos pada lantai 1 dan 25 kamar kos di lantai 2.

    Tropical modern menjadi konsep utama pada bangunan dimana fungsi kos, klinik, dan Indomaret digabungkan menjadi dalam 1 bangunan dengan memprioritaskan pasif desain sebagai strategi dalam pencahayaan dan penghawaan alami bangunan. Ruang dalam pada hunian kos didesain dengan nuansa warm and compact sehingga kebutuhan penghuni kos yang banyak tetap terpenuhi dan nyaman untuk beristirahat maupun beraktifitas.

    Balkon dilengkapi dengan vegetasi lee kuan yew pada sisi railing sehingga balkon menjadi asri membantu membersihkan kualitas udara dan memperbaiki kondisi psikologis penghuni. Tiap kamar kos dilengkapi dengan sliding window menuju balkon dengan perbandingan window wall ratio sebesar 60% sehingga pencahayaan alami masuk dengan maksimal serta kenyamanan thermal yang nyaman untuk dihuni.

    Pada koridor kos dilengkapi dengan kaca nako yang memiliki efektifitas tinggi untuk sirkulasi udara terletak pada dinding atas mendekati ceiling sehingga hawa panas dalam bangunan yang bergerak ke atas bisa mudah keluar dan digantikan dengan sirkulasi udara yang lebih dingin. Penggunaan roster mendominasi pada sisi timur sebagai pori-pori bangunan untuk memasukan sirkulasi udara sehingga bangunan tetap sejuk yang masuk melalui inner courtyard mengenai tumbuhan dan membawa angin segar ke dalam bangunan.

    Suasana outdoor pada sisi Barat dilengkapi dengan vegetasi palem dan tanaman paku disusun secara linear dengan repetisi antar tanaman sehingga landscape memiliki daya tarik untuk menjadi tempat beraktivitas dengan suasana asri dan teduh. Bangunan dilengkapi ramp kendaraan pada sisi utara dengan standar kemiringan 1 : 7 agar kendaraan bisa dengan aman untuk turun masuk ke parkir kendaraan yang terletak di basement.

    Ukuran grid kolom pada bangunan mengikuti grid pada parkir kendaraan di basement yang menerus dari bawah ke atas sehingga efektiftas ditiap modul fungsi ruangan menjadi maksimal dan nyaman untuk dihuni. Fasilitas klinik kesehatan serta Indomaret didesain dengan bentuk arcade dengan teras lantai bawah ternaungi oleh lantai atasnya sehingga terhindar dari percikan air hujan. Pada lantai 2 Indomaret dilengkapi dengan fasilitas café di balkon yang dinaungi sunbrella awning sehingga pengunjung nyaman untuk menikmati suasana.

    Pada massa bangunan awal berbentuk layout persegi panjang yang terdiri atas 2 lantai dan 1 basement. Kemudian unit massa mengalami transformasi mengikuti pola serta regulasi yang ditetapkan seperti KDB, KDH, GSB, KLB lingkungan. Fungsi zonasi di tiap lantai disesuaikan dengan kebutuhan, pada lantai basement digunakan untuk parkir kendaraan, taman, laundry, pantry, genset, dan ruang pengawas. Pada lantai 1 dan 2 digunakan untuk hunian kos, klinik kesehatan, Indomaret, jemuran bersama, dapur bersama, dan inner courtyard. Kemudian penyesuaian arah hadap fasad yang disesuaikan dengan clear view dari as jalan sebesar 45 derajat.

    Fasad yang memanjang mengikuti massa bangunan dibagi atas 3 muka. Pada sisi Timur untuk fasad kos didominasi roster sebagai sirkulasi udara, fasad klinik dilengkapi panel ACP sehingga memudahkan untuk pemasangan dan perawatan, untuk fasad Indomaret dilengkapi dengan sunbrella awning di lantai 2 yang memanjang sebagai tritisan pada ribbon window bangunan. Pada fasad sisi Barat hunian kamar kos terbagi menjadi 3 zona yang dipisah dengan sirkulasi tangga vertikal yang dilengkapi dengan shading WPC finishing kayu sehingga massa hunian yang memanjang bisa terlihat lebih seimbang dengan dipotong menjadi 3 bagian. Penerapan pola repetitif sliding window menciptakan kesan elegan dan konsisten sebagai identitas bangunan terhadap lingkungan yang dilengkapi vegetasi lee kuan yew pada balkon melengkapi ambience tropis.

    Fasilitas yang ditawarkan terdapat pada klinik kesehatan dengan konsep ruangan clean and modern. Serta Indomaret dengan fasilitas café di lantai 2 menghadap muka bangunan yang bisa menyaksikan langsung lingkungan sekitar. Material yang digunakan pada bangunan Kos putri eksklusif antara lain beton sebagai struktur bangunan dengan ekspos material finishing serta rangka atap baja ringan dilengkapi penutup atap material komposit serta polycarbonate untuk skylight.

    Hal yang menarik dalam proses desain ini yaitu menggabungkan fungsi ruang kos, klinik kesehatan, dan Indomaret menjadi satu kesatuan sehingga desain bangunan mendukung hospitality dan komersial. Pengolahan sekuen sirkulasi desain membantu penghuni mengakses hunian kos, klinik, dan Indomaret dengan mudah di lahan yang terbatas dengan tetap mengutamakan kenyamanan pengunjung.

    Tantangan yang dialami dalam proses desain ini antara lain memaksimalkan jumlah kamar yang diinginkan klien agar muat dalam luasan site dengan tetap memperhatikan regulasi site dan memprioritaskan pencahayaan dan penghawaan alami. Hal ini direspon dengan bentuk massa bangunan dan atap yang diberi celah dengan berbagai skala untuk memasukan cahaya dan udara alami. Team A+A Studio - Ardhyasa Fabrian Gusma + Tessa Widi Jovenski & Azis Septian

    A+A Studio Yogyakarta, Indonesia
    Architects, Interior & Urban Design
    Phone: 0856 4002 5773
    Email: aa.studio.indonesia@gmail.com

    PARTNER
    Archira - Architecture & Interior    A + A Studio    Sesami Architects    Laboratorium Lingkungan Kota & Pemukiman Fakultas Arsitektur dan Desain UKDW    Team Arsitektur & Desain UKDW    Puri Desain