Pasang IKLAN BARIS GRATIS! DAFTAR | LOGIN


Hadirnya Unsur Alam Nan Ciamik Ruang Ekspresi Daniel Wicaksono

    Daniel Wicaksono beserta istri & putra putrinya
    Ruang tamu dengan dekorasi simpel nan cozy
    Area dapur & ruang makan bergaya minimalis modern
    Ruang hobi lantai atas dengan pernak-pernik berbau sepeda
    Kamar tidur utama bernuansa minimaslis nan nyaman

    Rumah berkualitas adalah sebuah hunian yang mampu menampung keinginan dan mengekspresikan keinginan pemilik dalam setiap tubuh rumah tersebut. Rumah dianggapnya tak sekedar sebagai tempat berteduh dari hujan dan panas, lebih dari itu, rumah yang berkualitas akan memiliki nyawa, sehingga mereka yang tinggal di dalamnya akan betah berlama-lama untuk berinteraksi di dalamnya. Perpaduan antara gaya arsitektur minimalis dengan konsep rumah tropis dapat menjadi pilihan yang cocok diaplikasikan pada hunian di kawasan beriklim tropis seperti Indonesia.

    Rupanya hal tersebut yang menginspirasi Ignatius Bagus Daniel Wicaksono dalam menentukan desain hunian bagi keluarganya. Sejatinya rumah yang berada kawasan Jalan Gito Gati, Penggung, Sariharjo, Ngaglik, Sleman, Yogyakarta tersebut nampak tidak jauh berbeda dengan jajaran hunian lain di sekitarnya. Kombinasi fasad bangunan minimalis yang dipadukan dengan aksen batu alam dan beberapa tanaman hias di sisi depan teras menjadikan kesan rumah menjadi lebih fresh. “Saya memilih desain yang seperti sekarang namun dengan beberapa custom di sebagian sisinya. Jadi memang fokus utama dari rumah ini adalah dari sisi interior serta layout ruangan saja,” cerita Daniel, sapaan akrabnya.

    Suasana interior minimalis sudah terasa sejak di ruang tamu hunian yang berdiri di atas lahan seluas kurang lebih 168 m² tersebut. Pemilihan furnitur bergaya simpel modern dengan aksen warna cream tampak serasi dengan wallpaper dinding bernuansa senada dengan emboss motif nan cantik. Pada dinding ditambahkan sebuah foto pasangan yang telah dikaruniai dua anak tersebut. Meskipun ruang tamu terbilang cukup kecil, namun Daniel mencoba membuatnya tampak terlihat luas dengan permainan kaca di sisi kiri bagian ruang tamu. Antara ruang tamu dan ruang tengah terdapat sebuah partisi yang terbuat dari kayu berfungsi sebagai sekat ruangan untuk menaruh beberapa pernak-pernik penghias ruangan.

    Sebuah sofa kulit bergaya minimalis dengan satu set multimedia entertainment menjadi salah satu sudut ruang tengah yang menunjukan gaya modern simpel elegan yang apik. Sebuah alat musik berupa piano menjadi unsur estetika yang mencerminkan tempat ini merupakan tempat berkumpul sekaligus melepas penat bagi keluarga tersebut. “Untuk konsep ruang tengah saya konsultasi dengan design interior, namun tetap sesuai dengan keinginan saya. Semua furnitur merupakan hasil customize sehingga bentuk, ukuran, dan warna akan sesuai dengan keinginan saya. Ruang tengah ini dikonsep minimalis namun tetap memberi kesan home sweet home,” tambah pria yang memiliki bisnis coffee shop tersebut.

    Beralih menuju teras belakang rumah yang selesai dibangun pada tahun 2014 tersebut, nampak sebuah mini garden yang menghadirkan nuansa alami nan sejuk di dalam rumah. Pintu dan jendela kaca yang langsung tembus ke area taman ini dipilih untuk menampilkan kesan luas di area ruang tengah. Area yang di desain dengan atap terbuka tersebut banyak digunakan Daniel untuk bersantai sembari mengotak-atik sepeda lipat kesayangannya. Sebuah kursi santai pada sudut area teras belakang menjadi fasilitas di tempat tersebut.

    Masih pada sisi lantai satu sebagai ruang umum, terdapat satu set meja makan dengan tema simpel modern menambah kesan hangat dan elegan. Ruang makan yang didominasi aksen kayu ini semakin tampil apik dan elegan dengan permainan kaca dindingnya. Permainan lampu gantung modern ala industrial menambah kesan mewah di area tersebut. Ditambahkan pria yang hobi bersepeda tersebut, untuk semua konsep penataan interior hunian ini tak luput dari peran Sang Istri yang juga memiliki hobi menata interior. Area ruang makan tersebut menjadi satu dengan area dapur dengan kitchen set modern bernuansa kayu. Permainan kaca di dalam dapur tak luput menjadi sudut yang estetis dipandang. Diberikan aksen kaca untuk memberikan kesan luas dan terang di area dapur.

    Pada lantai bawah ini terdapat satu kamar tidur bagi tamu atau kerabat yang menginap. Kamar tidur tamu ini didesain simpel dengan tempat tidur modern dengan bed bernuansa putih nan bersih. Dinding kamar berwarna putih dan satu set furnitur almari pakaian lengkap dengan kaca tampil serasi sebagai dekorasi kamar tamu. Masih berada di area lantai bawah, terdapat kamar tidur anak perempuan dengan nuansa pink yang menampilkan kesan girly nan kental.

    Kamar tidur utama dipilihnya wallpaper senada yakni warna kecoklatan menampilkan kesan hangat di area tersebut. Tempat tidur bergaya modern dengan nuansa spring bed bermotif bunga semakin romantis. Permainan kaca di area kamar utama sangat menonjol, yakni di bagian almari pakaian dan di jendela-jendela sisi kamar. Pada sisi tempat tidur terdapat sebuah rak tas koleksi milik Sang Istri dengan desain vintage nan menarik. Sebuah meja rias berwarna putih dengan desain senada semakin memperkuat kesan vintage di area kamar tidur utama.

    Beralih menuju area lantai atas, terdapat kamar tidur anak laki-laki dan juga sebuah ruang hobi pria yang berkarir di bidang perbankan tersebut. Kamar tidur anak laki-laki bernuansa lebih simpel dengan dekorasi aksen kayu yang semakin mempercantik tampilannya. Kemudian di bagian tengah ruangan lantai atas difungsikan sebagai ruang hobi, dimana terdapat sebuah bike trainer yang dapat digunakan untuk berolah raga di rumah. Pada sisi samping bike trainer tersebut terdapat sebuah rak kayu sekaligus bike stand tempat Daniel menaruh sepeda lipat berkelir putih kesayangannya. Beberapa part sepeda lipat juga nampak tertata rapi di dalam rak yang sekaligus menjadi pernak-pernik pemanis dekorasi ruang hobi. “Sebenarnya untuk ruang hobi ini masih belum selesai. Untuk ke depannya saya berencana membuat sebuah mini coffee bar di area ini, jadi kalau ada saudara atau teman yang datang ke rumah bisa santai-santai sambil ngopi di area balkon,” pungkas Daniel. Farhan-red

    PARTNER
    Archira - Architecture & Interior    A + A Studio    Sesami Architects    Laboratorium Lingkungan Kota & Pemukiman Fakultas Arsitektur dan Desain UKDW    Team Arsitektur & Desain UKDW    Puri Desain