Pasang IKLAN BARIS GRATIS! DAFTAR | LOGIN


Dispensasi IMB Rumah Ibadah di Kabupaten Sleman

    Penyerahan IMB dispensasi tempat dan rumah ibadat

    Masih banyak bangunan atau rumah yang digunakan untuk beribadah sering dijumpai belum memiliki legalitas yang lengkap, yakni kelengkapan IMB-nya. Fenomena ini masif terjadi di berbagai daerah, dan wilayah Kabupaten Sleman salah satunya. Disampaikan oleh Riyanto, ST. M.Si selaku Kepala Bidang Ijin Pemanfaatan Ruang DPMPPT Sleman, “Kami sadari di wilayah Sleman masih banyak bangunan atau rumah ibadah yang belum memililik izin mendirikan bangunan (IMB). Bahkan jumlahnya bisa mencapai ribuan, dari data pemkab Sleman tahun 2019 lalu mencatat, baru 2277 unit rumah dan tempat ibadah yang memiliki IMB. Oleh karena, kami selaku perpanjangan tangan Pemkab Sleman memberikan dispensasi kepenguruan IMB bagi rumah dan tempat ibadah. Dengan landasan hukum dari Peraturan Bupati Sleman Nomor 12.2 tahun 2019 tentang Izin Mendirikan Bangunan Rumah Ibadat dan Tempat Ibadat serta Keputusan Bupati Sleman Nomor 77.27/kep.KDH/A/2019 tentang Daftar Rumah Ibadat dan Tempat Ibadat hasil validasi untuk diberikan dispensasi izin membangun bangunan,” terangnya.

    Berdasarkan Peraturan Bupati tersebut Pemerintah Kabupaten Sleman menetapkan program Dispensasi IMB Rumah Ibadat dan Tempat Ibadat yaitu program kepemilikan IMB yang dipermudah pengurusannya terutama dari aspek persyaratan yang sangat simpel dan sederhana maupun dari aspek biaya yang mana tidak ada biaya atau gratis. Selanjutnya berdasarkan Keputusan Bupati tersebut ditetapkan sebanyak 2277 Rumah Ibadat dan Tempat Ibadat di lingkungan Kabupaten Sleman yang telah divalidasi diberikan program Dispensasi IMB. Keputusan Bupati ini adalah tahap pertama validasi rumah ibadat dan tempat ibadat di lingkungan Kabupaten Sleman, dan saat ini Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Sleman sedang memproses validasi tahap kedua untuk kemudian ditetapkan dalam keputusan Bupati.

    Lebih lanjut Riyanto menerangkan, “Sejak digulirkannya program Dispensasi IMB Rumah Ibadat dan Tempat Ibadat ini telah diajukan sebanyak 293 permohonan IMB untuk Masjid, Gereja, Pura, dan Vihara yang sebagian besar diajukan secara kolektif antara lain oleh DMI (Dewan Masjid Indonesia), BKSGK (Badan Kerjasama Gereja Kristen), Pengurus Gereja Katolik, Pengurus tempat ibadah Umat Hindu, dan Pengurus tempat ibadah Umat. Terhadap permohonan-permohonan tersebut telah kami proses dan telah terbit IMB-nya sebanyak 181 SK, sedangkan sebanyak 115 permohonan masih dalam proses penyelesaian terkait dengan status tanah (TKD dan atau SG), sempadan jalan, dan penyelesaian administrasi berupa sertifikat dan bukti tanah lainnya.”

    “Dari program ini kami memproses Selanjutnya IMB yang sudah terbit sebanyak 181 pengajuan IMB dispensasi rumah dan tempat ibadat yang sekarang diserahkan kepada pengurusnya,” paparnya. Sebagai tahap awal, Pemkab Sleman telah menyerahkan 181 surat keputusan izin mendirikan bangunan (IMB) dispensasi tempat dan rumah ibadat kepada perwakilan pengurus penerima secara simbolis oleh Bupati Sri Purnomo di Wisma Yosoputro Kalasan, pada pertengahan November 2020 lalu (13 November 2020-red). Terdiri dari 141 IMB untuk masjid, 3 IMB untuk gereja Katolik, 35 IMB untuk gereja Kristen serta masing-masing 1 IMB untuk Pura dan Vihara.

    IMB ini bukan hanya bentuk legal formal, namun juga bukti sebagai bangunan yang sah dan otentik. Selain itu dengan keberadaan IMB bangunan akan mendapatkan perlindungan hukum yang maksimal, karena keberadaannya tidak akan mengganggu lingkungan atau merugikan kepentingan orang lain. Menurutnya, inovasi ini merupakan bentuk kepedulian dan fasilitas dari Pemkab Sleman agar warganya dapat menjalankan ibadah dengan baik dan tentram karena telah memiliki ijin, sehingga menutup peluang terjadi konflik di tengah masyarakat. Untuk itu berharap kepada para pengurus rumah ibadat dan tempat ibadat di Sleman yang belum memiliki IMB agar segera melakukan pengurusan IMB. “Masyarakat hendaknya memanfaatkan momen ini dalam pengurusan IMB dispensasi tidak dikenakan retribusi sama sekali,” harapnya.

    “Masih banyak Tempat Ibadat dan Rumah Ibadat yang belum memanfaatkan program ini oleh karena itu kami (DPMPPT) terus melaksanakan sosialisasi program IMB Dispensasi ini melalui berbagai media dan kami berharap segera menyusul pengajuan IMB rumah ibadat dan tempat ibadat lainnya sehingga seluruh rumah ibadat dan tempat ibadat di Kabupaten Sleman memiliki IMB sebagai aspek legalitas,” pungkas Riyanto menutup perbincangan. Wahyu Pras – red

    Dinas Penanaman Modal
    dan Pelayanan
    Perizinan Terpadu (DPMPPT)
    Kabupaten Sleman

    Jl. Magelang, Beran Lor,Tridadi,
    Sleman Yogyakarta 55511

    Telp.: (0274) 865473,(0274) 868405 PST 1175
    Fax : (0274) 868945
    www.dpmppt.slemankab.go.id

    PARTNER
    Archira - Architecture & Interior    A + A Studio    Sesami Architects    Laboratorium Lingkungan Kota & Pemukiman Fakultas Arsitektur dan Desain UKDW    Team Arsitektur & Desain UKDW    Puri Desain